5 Rahasia Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kecantikan

Mendengar nama bunga sepatu, pastinya sudah tak asing lagi di telinga Anda. Bunga ini mudah ditemui di mayoritas daerah Indonesia. Bunga sepatu atau yang dikenal juga dengan hibiscus rosa sinesis adalah jenis bunga yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wanita.
Oleh karena itu, kini banyak sekali produk perawatan kulit yang mengandung bunga sepatu dalam komposisinya. Apa sajakah manfaat kembang sepatu? Mari simak ulasannya!

 

1. Melembapkan kulit wajah
Jika Anda suka melihat-lihat komposisi pada produk kecantikan atau skincare, Anda pasti tak asing dengan AHA. Alphahydroxy Acids atau AHA adalah bahan yang memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah untuk melembapkan kulit.
Freepik
Kandungan AHA yang terdapat di dalam bunga sepatu dapat melembapkan kulit lebih baik daripada ekstrak buah alpukat. Jika Anda memiliki masalah kulit kering akibat sering terpapar sinar matahari atau pendingin ruangan, Anda bisa segera mencari produk skincare yang mengandung ekstrak bunga sepatu untuk membantu melembapkan kulit Anda.
2. Mengangkat sel kulit mati
Selain dapat melembapkan wajah, kandungan AHA dan asam amino yang terdapat dalam bunga sepatu juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang merupakan penyebab wajah kusam. Selain itu, bunga sepatu juga dapat menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah akibat pengaruh radikal bebas.
Apabila Anda memiliki tanaman bunga sepatu, silahkan memanfaatkannya sebagai scrub alami, caranya adalah dengan menumbuk bunga sepatu hingga hancur namun jangan sampai terlalu halus, setelah itu gunakan sebagai scrub dengan menggosokannya pada kulit, lalu bilaslah sampai bersih.
3. Mencegah penuaan dini
Bunga sepatu juga kaya akan emollient dan vitamin C yang berperan untuk menjaga keremajaan sel-sel kulit sehingga sangat ampuh melawan tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah.
Freepik

 

4. Mencegah dan menghilangkan jerawat
Bagi kebanyakan orang, jerawat adalah masalah kulit yang menjengkelkan. Selain sakit, jerawat juga dapat memperburuk penampilan. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan jerawat, seperti kondisi kulit yang kurang bersih, hormon, pengaruh makanan, penggunaan makeup yang salah, penumpukan debu dan kotoran di kulit, dan sebagainya. Jika Anda memiliki masalah kulit berjerawat, bunga sepatu ini direkomendasikan untuk merawat kulit wajah Anda. Kandungan vitamin C yang tinggi dan antioksidan pada bunga sepatu terbukti dapat mengobati jerawat.
Anda pun dapat memanfaatkan masker bunga sepatu sebagai masker alami untuk merawat kulit berjerawat. Caranya adalah dengan menumbuk bunga sepatu dan minyak zaitun bersamaan. Jika hasil tumbukan sudah halus, masukan ke dalam panci lalu panaskan dengan api kecil hingga mendidih. Setelah itu, diamkan hingga dingin, lalu saring hasil tumbukan tersebut sehingga Anda akan mendapatkan minyak ekstrak bunga sepatu. Gunakan minyak tersebut pada kulit yang berjerawat sambil memijat dengan lembut.
Freepik

 

5. Membasmi ketombe
Selain bermanfaat untuk kecantikan wajah, bunga sepatu juga bermanfaat bagi kesehatan rambut, yaitu dapat membasmi ketombe. Caranya pun mudah, Anda hanya harus menumbuk bunga sepatu dengan sedikit air, jika sudah halus jadikan sebagai masker rambut dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilaslah dengan air hingga bersih, maka secara perlahan ketombe Anda akan hilang! (NP)

 

Baca juga  Yuk Sambangi Destinasi Wisata di Korea Selatan
Translate »