5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit Wajah

Pernah tidak Anda merasa sudah cukup baik dalam merawat kulit wajah, namun tak jarang masih saja mengalami berbagai masalah kulit seperti timbulnya jerawat, komedo bahkan kulit terlihat kusam yang mengganggu penampilan?
Kalau pernah, mungkin itu artinya ada yang salah dari kebiasaan Anda merawat kulit! Banyak yang beranggapan bahwa masalah kulit muncul akibat penggunaan skincare atau produk apapun yang tidak cocok dengan wajah kita. Padahal, mungkin letak masalahnya bukan hanya pada produk skincare saja, melainkan ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang kerap masih Anda lakukan padahal itu sangat berdampak buruk bagi kulit wajah.
Mari kenali kebiasaan buruk yang bisa membuat kulit wajah jadi bermasalah.
 1. Malas membersihkan makeup
Padatnya aktivitas seharian tentu membuat siapapun hanya ingin langsung beristirahat begitu sampai di rumah. Namun, rasa lelah tersebut jangan sampai membuat Anda melewatkan kewajiban membersihkan riasan wajah. Karena  sekali saja Anda lupa mencuci wajah sebelum tidur, makeup dan debu yang menempel di wajah seharian akan menyumbat pori-pori dan jangan heran kalau beberapa hari kemudian jerawat membandel akan datang.
Dok. L’Oreal
Perlu diingat bahwa meskipun hanya memakai sunscreen atau sekedar makeup tipis, Anda tetap perlu membersihkannya dengan maksimal. Anda bisa menggunakan produk seperti micellar water yang bisa menghilangkan kotoran dan makeup secara cepat.

 

2.  Cuci muka dengan air panas
Mungkin banyak yang berpikir bahwa mencuci muka dengan air panas akan membuatnya lebih bersih karena pori-pori pada kulit akan terbuka sehingga sabun muka Anda akan lebih bekerja dengan baik.
Padahal big no! kebiasaan mencuci muka dengan menggunakan air yang terlalu panas nyatanya hanya akan merusak kelembapan kulit Anda. Hal tersebut terjadi lantaran air yang terlalu panas akan menghilangkan minyak yang ada di kulit dan dapat membuat pelembap alami dari kulit hilang. Untuk itu, Ada baiknya Anda cuci muka dengan suhu air yang normal.
3. Banyak mengonsumsi makanan manis
Tak bisa dipungkiri bahwa mengonsumsi makanan manis memang sangat menggoda, apalagi ketika mood sedang terasa jelek, sebatang coklat rasanya akan sangat nikmat. Namun, jika terlalu banyak dikonsumsi, ternyata makanan manis akan berdampak buruk untuk kesehatan wajah. Menurut penelitian, asupan makanan manis berlebih bisa menimbulkan banyak minyak dan jerawat.
Unsplash

 

Sebagai gantinya, untuk Anda yang memiliki hobi mengonsumsi camilan manis, Anda bisa mengkonsumsi jenis cemilan lain yang lebih rendah gula dan menyehatkan, contohnya buah-buahan.
4. Terlalu sering berganti produk perawatan wajah
Bujuk rayu iklan mengenai berbagai keunggulan produk perawatan wajah memang sangat menggoda. Dengan berbagai formula luar biasa yang di tawarkan, produk-produk tersebut tentunya berusaha membuat wajah Anda lebih sehat dan terawat.
Freepik
Tapi jika Anda biasa menggunakan pelembap merek X, toner merek Z, dan krim malam merek A, lebih baik Anda jangan bergonta-ganti lagi dengan alasan mencoba-coba karena ditakutkan produk baru tersebut malah tidak cocok dengan kulit Anda sehingga akan menimbulkan reaksi berupa  iritasi pada wajah.
5. Kurang minum air putih
Freepik

 

Air putih memang memiliki banyak manfaat yang tak hanya baik bagi tubuh, melainkan juga untuk kesehatan kulit. Ketika Anda banyak minum air, tubuh Anda akan lebih giat membuang toksin di dalam tubuh dan kulit Anda akan lebih terhidrasi. Hal sederhana ini ternyata dapat mengurangi risiko jerawat. Apalagi jika Anda sering menghabiskan waktu di ruang ber-AC yang memblokir pori-pori wajah, mengkonsumsi air putih jadi hal wajib yang harus Anda biasakan setiap harinya. (FIA)
Baca juga  Jangan Sampai Salah, Ini Cara Tepat Pakai Highlighter
Translate »