Macam-Macam Ujian Sebagai Manusia di Dunia

Sebagai seorang manusia, kita tidak akan terlepas dari yang namanya ujian hidup. Ujian hidup yang diberikan Allah SWT akan meningkatkan tingkat ketakwaan kita kepada-Nya. Maka dari itu, setiap kita mendapatkan ujian, kita harus menghadapinya dengan ikhlas dan tawakal.

Tetapi, apakah Scarf Lover tahu apa saja bentuk ujian yang diberikan kepada manusia ketika di dunia? Dirangkum dari kanal YouTube Yufid. TV, inilah bentuk ujian yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya.

1. Ujian Berupa Kenikmatan dan Keburukan

Jenis ujian pertama yang diberikan Allah SWT adalah ujian berupa kenikmatan dan keburukan. Kenikmatan atau segala sesuatu yang serba enak dalam hidup ini adalah di mana dalam hidup ini kita diberikan banyak nikmat. Sedangkan ujian berupa keburukan atau segala sesuatu yang serba tidak enak dalam hidup ini.

Dua jenis ujian ini juga disebutkan oleh Allah SWT dalam surat Al-Araf ayat 168, yang berbunyi:

Baca juga  Aturan Islam dalam Menggunakan Cincin Pernikahan

وَقَطَّعْنٰهُمْ فِى الْاَرْضِ اُمَمًاۚ مِنْهُمُ الصّٰلِحُوْنَ وَمِنْهُمْ دُوْنَ ذٰلِكَ ۖوَبَلَوْنٰهُمْ بِالْحَسَنٰتِ وَالسَّيِّاٰتِ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ

 “Dan kami pecahkan mereka di dunia ini menjadi beberapa golongan; di antaranya ada orang-orang yang saleh dan ada yang tidak demikian. Dan Kami uji mereka dengan (nikmat) yang baik-baik dan (bencana) yang buruk-buruk, agar mereka kembali (kepada kebenaran).” (Q.S. Al-Araf: 168)

Tidak hanya dalam surat Al-Araf, dalam surat Al-Anbiya ayat 35 Allah SWT juga berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ وَنَبْلُوْكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً ۗوَاِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ

“Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada kami.” (Q.S. Al-Anbiya: 35)

Dari dua ayat tersebut menjelaskan dua macam ujian yang diberikan Allah SWT, yakni berupa kebaikan dan keburukan. Hikmah dari ujian tersebut adalah Allah SWT menginginkan kita untuk kembali kepada-Nya, kembali ke jalan-Nya, kembali kepada kebenaran, dan kembali kepada Allah Azza Wa Jalla.

Baca juga  Tampil Kece dengan Slide Sandal Merek Lokal, Ini Rekomendasinya!

2. Ujian Berupa Perintah dan Larangan

Seperti dalam surat Al-Mulk ayat 2 Allah SWT berfirman:

ۨالَّذِيْ خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيٰوةَ لِيَبْلُوَكُمْ اَيُّكُمْ اَحْسَنُ عَمَلًاۗ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْغَفُوْرُۙ

“Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun.” (Q.S. Al-Mulk: 2)

Di mana, kita sebagai manusia akan diuji berupa perintah dan larangan dalam rentan waktu semenjak kita hidup sampai kita mati.

MasyaAllah, semoga kita selalu ikhlas dan tawakal dalam menjalani segala ujian dari Allah SWT ya, Scarf Lover. (AN)

Translate »