5 Tips Aman Memilih Daycare

Sebagai orang tua yang setiap harinya disibukkan pekerjaan kantor, rasanya mengurus anak tidaklah mudah. Seringkali ingin memakai jasa baby siter namun perlu biaya mahal. Padahal waktu bekerja hanya beberapa hari. Mengingat adanya penerapan work from home.

 Anda tidak perlu cemas, karena di zaman modern ini, daycare atau jasa tempat penitipan anak terbilang mudah untuk dijangkau. Meski begitu perlu pertimbangan serius memilih day care (child care) yang aman. Bukan soal tempat saja, perkara attitude seorang pengasuh juga menjadi poin penting.

Image : Freepik

Jika ini terdengar menakutkan, Anda tidak perlu khawatir. Scarf Media akan menyajikan beberapa tips sebelum memilih daycare. Berikut di antaranya:

  1. Mintalah teman, rekan kerja, dan kelompok ibu setempat untuk referensi pengasuh yang kredibel dan bertanggung jawab.
  2. Atur pertemuan perkenalan sebelum pengasuh datang untuk mengasuh sebelum kontrak dimulai, sehingga Anda semua bisa saling mengenal dan mendiskusikan detail penting seperti pembayaran, aturan rumah, alergi makanan, dan ekspektasi umum.
  3. Pertimbangkan untuk tinggal di rumah saat pertama kali pengasuh Anda datang untuk merawat anak Anda. Ya, ini memang mengalahkan tujuan memiliki babysitter, tetapi ini juga memungkinkan Anda mengawasi dan mengamati bagaimana pengasuh menangani diri mereka sendiri di sekitar anak-anak.
  4. Tanyakan dan, bila perlu, verifikasi kredensial pengasuh. Tanyakan apakah mereka telah dilatih dalam CPR. Lakukan pemeriksaan latar belakang. Hubungi atau email referensi mereka.
  5. Setelah Anda merasa nyaman dengan pengasuh yang Anda pilih, penting untuk membuka jalur komunikasi yang jelas dengan mereka dan membina hubungan positif di mana masalah dapat didiskusikan dengan jujur.
Baca juga  Sayur Lodeh Bantu Turunkan Stunting Anak, Benarkah?

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan demi kenyamanan dan keselamatan sang buah hati tercinta.

Translate »