Teknik Dasar Contouring Buat Wajah Lebih Tegas

Contouring adalah teknik riasan yang menggunakan produk contour untuk menentukan, menyempurnakan, dan membentuk struktur wajah seseorang. Seluruh ide di balik ini adalah untuk menonjolkan lekukan yang dalam pada wajah seseorang, seperti garis rahang, pangkal hidung, dan tulang pipi, untuk memberikan tampilan wajah tampak tegas dan tajam. Berikut ini teknik dasar yang erlu diketahui oleh pemula saat menggunakan contour wajah.

1. Gunakan produk contour yang tepat

Contouring berarti memilih warna yang sedikit lebih gelap dari warna kulit wajah. Namun perlu diperhatikan, warna yang dipilih jangan terlalu gelap. Tujuannya adalah untuk memberi struktur pada wajah Anda, bukan membuatnya tampak seperti kecokelatan. Biasanya, menggunakan satu atau dua warna di atas warna alas bedak Anda sangat disarankan saat memilih contour.

2. Aplikasikan contour pada tulang-tulang wajah

Gunakan struktur tulang wajah sebagai panduan dalam contouring. Titik-titik yang menjadi tempat contouring adalah di bagian bawah tulang pipi, di tepi kiri-kanan batang hidung, di bawah rahang, dan sisi kiri-kanan kening. Aplikasikan shade warna gelap sebagai contour di bagian-bagian tersebut. Jadikan jari sebagai pemandu. Misalnya, pada tulang pipi, tempelkan 1 jari dari pangkal telinga ke arah pipi bawah mengikuti garis tulang pipi, lalu pulaskan shade warna gelap di sepanjang bawah jari tersebut. Sama halnya di kening. Tempelkan 1 jari di kiri-kanan kening dekat akar rambut, lalu pulaskan shade warna gelap di sepanjang bawah jari Anda.

Baca juga  5 Aturan Yang Perlu Anda Tahu Saat Mengaplikasikan Maskara

3. Sesuaikan teknik berdasarkan bentuk wajah

Setiap orang memiliki struktur wajah yang berbeda dan meskipun Anda. Ini akan membutuhkan beberapa percobaan dan kesalahan, tetapi Anda dapat mempelajari bagian mana dari kontur yang paling cocok untuk wajah Anda.

4. Baurkan contour dengan merata

Contouring tidak akan berhasil, jika tidak menyatu dengan seluruh riasan Anda. Jadi, teruslah baurkan contour dengan merata. Terus baurkan sampai Anda telah memadukan contour Anda dengan sempurna dengan sisa alas Anda dan juga memberi dimensi pada riasan Anda. Jika Anda mengambil terlalu banyak produk contour, gunakan alas bedak.

Baca juga  Jangan Sampai Salah, Ini Cara Tepat Pakai Highlighter

5. Jangan campur contour krim dan contour bedak

Produk contour terbaik adalah dalam bentuk krim atau dalam bentuk bubuk. Tapi gunakan kontur krim atau bubuk. Lengkapi basis Anda dan putuskan kontur mana yang ingin Anda gunakan. Ingat, jangan mencampur kedua jenis concealer dan gunakan hanya satu jenis untuk seluruh wajah. Hal ini tidak akan menyebabkan goresan yang tidak perlu pada wajah Anda dan riasan Anda tidak akan terlihat cakey. 

6. Baurkan contour dengan highlight

Riasan kontur tidak lengkap tanpa sentuhan perona pipi, karena selalu menambahkan sedikit sesuatu pada penampilan Anda. Untuk stabilo gunakan dua warna. Bersihkan pipi dan alis cupid Anda dengan kilau emas mawar dan tambahkan warna mutiara yang bagus ke hidung Anda. Ini pasti akan membuat kontur Anda terlihat bagus.

Translate »