Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Flu dan Pilek

Ketahui perbedaan dan gejalanya, jangan sampai keliru.

Meski terlihat serupa, namun flu dan pilek merupakan dua hal yang berbeda. Keduanya memiliki ciri yang mirip, seperti bersin, sakit tenggerokkan, batuk, hidung berair dan tersumbat. Lalu, apa bedanya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Flu

Bila pilek berlangsung lama dan/atau disertai dengan demam, menggigil, dan nyeri otot, dapat dikatakan bahwa kamu mengalami flu. Flu atau influenza, adalah penyakit saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh infeksi virus influenza tipe A, B, C, atau D. Beberapa contoh virus penyebab influenza antara lain virus influenza A H1N1 atau flu burung, H5N1 atau flu babi, serta H3N2. 

Baca juga  Jaga Kesehatan Usus Besar Lewat Konsumsi Ini!

Gejala flu dapat bervariasi dari ringan hingga berat berdasarkan usia dan kondisi fisik. Flu ringan, memiliki ciri-ciri flu yang dapat ditemui antara lain batuk, demam, nyeri tenggorokan, nyeri otot, nyeri kepala, pilek, dan mata berair. Pada beberapa kasus dapat ditemui gejala seperti nyeri pada mata atau nyeri saat melihat cahaya (fotofobia). Sedangkan, flu berat atau flu parah antara lain sesak napas, denyut nadi teraba cepat, hingga gagal napas. Gejala flu dapat berlanjut selama 2-8 hari.

Baca juga  Terungkap! Ini Trauma Yang Dialami Putri Candrawathi

Pengertian Pilek

Pilek (common cold) atau rhinitis, adalah terjadinya radang pada hidung yang menyebabkan terjadinya hidung buntu atau berair, bersin, dan gatal. Pilek dapat disebabkan karena alergi atau infeksi. Namun, biasanya pilek disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh virus, seperti Human Rhinovirus (HRV), Coronavirus, Adenovirus, Respiratory Syncitial Virus (RSV), virus Influenza dan Parainfluenza.

Usahakan untuk mencegah datang flu dan pilek dengan cara menjaga kebersihan, memberikan vaksin, konsumsi vitamin D, vitamin C, dan Zinc.

Translate »