Deretan Manfaat Chia Seed bagi Kesehatan Tubuh

Dapat menurunkan berat badan hingga mencegah penuaan.

Chia seed merupakan biji yang berbentuk hitam kecil dari tumbuhan Salvia hispanica, yakni salah satu jenis tanaman mint. Meskipun ukurannya kecil, chia seed memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Chia seed seringkali ditemukan pada campuran makanan sehat. Chia seed memiliki kandungan lemak, antioksidan, omega 3, dan mineral. Berikut ini beberapa manfaat dari chia seed.

  1. Menurunkan berat badan 
    Chia seed memiliki banyak kandungan serat yang dapat menyehatkan sistem pencernaan dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Sehingga, mengkonsumsi chia seed dapat membantu Scarflover untuk diet menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan.
     
  2. Menjaga kesehatan jantung
    Chia seed dapat mengurangi risiko penyakit jantung karena mengandung quercetin dan antioksidan.  bijinya juga tinggi akan serat, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung.
  3. Mencegah penuaan
    Kandungan omega-3 dalam biji chia seed terbukti mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang merusak kulit. Selain itu, biji chia seed dapat mengurangi gejala penuaan seperti perubahan warna kulit, keriput, bintik hitam, kerutan dan garis halus, dan masalah kulit lainnya.
  4. Mengurangi peradangan
    Kandungan asam caffeic dan antioksidan yang ditemukan dalam biji chia seed, dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti masalah jantung dan kanker.
  5. Membantu meningkatkan kadar gula darah
    Melansir dari laman health.detik.com, dalam sebuah penelitian chia seed dapat membantu mengurangi resistensi insulin, meningkatkan kadar gula darah, mengurangi risiko sindrom metabolic, dan diabetes tipe 2.
Baca juga  Dalam Sehari, Seberapa Sering Harus Ganti Pembalut?
Translate »