Kecanggihan Teknologi dalam Dunia Kecantikan

Penuh manfaat terkait penjualan produk kecantikan.

Teknologi kini kiat pesat terlihat dalam penggunaan teknologi di segala sektor kehidupan. Salah satunya dunia kecantikan. Beberapa brand ternama kelas dunia sudah menggunakan teknologi untuk mempermudah penjualan produk mereka. Salah satunya adalah teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR), fitur ini disebut virtual try on dimana konsumen dapat mencoba produk sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini beberapa manfaat kecanggihan teknologi dalam dunia kecantikan.

1. Produk membantu memenuhi kebutuhan personal konsumen

Dengan berbekal smartphone, konsumen dapat mendapatkan produk yang terpesonalasasi sesuai kebutuhannya. Fitur virtual try on membantu konsumen mencoba shade lipstick secara virtual menggunakan bantuan aplikasi, hingga mendapat rekomendasi skincare yang sesuai dengan kondisi kulit wajah.

Baca juga  Lancôme Hadir di Lazada

2. Membantu penjualan produk kecantikan

Selain dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara personal, teknoogi dapat membantu penjualan produk kecantikan dengan platform online. Dikutip dari tatlerasia.com melalui produk lipstick bertajuk Perfect Corp. yang dilengkapi dengan fitur virtual try on, brand Estée Lauder berhasil meningkatkan conversion rate-nya hingga 2,5 kali lipat.

3. Meningkatkan KPI brand

Salah satu brand yang dapat dikatakan sukses adalah dengan tingkat penjualan produknya. Adapun indikator untuk mengetahui keberhasilan penjualan produk tersebut adalah besaran angka KPI (key performance indicator). Diketahui bahwa teknologi dapat mendongkrak KPI. Melansir dari tatlerasia.com Shopify melaporkan bahwa brand yang menggunakan AR mendapatkan conversion rate 94% lebih tinggi daripada brand yang tidak menggunakan teknologi tersebut.

Baca juga  WOW Masker Brand Terkenal Dibawah 10 Ribu Hanya di Muslimah Creative Online Fest 2020 di Aplikasi Shopee

4. Mengurangi pengembalian produk

Kepuasan konsumen pada fitur virtual try on dapat terlihat pada sedikitnya konsumen yang mengembalikan atau menukar produk kecantikan yang sudah dibeli. Sehingga, angka retur/pengembalian produk dapat ditekan. Dilansir dari tatlerasia.com, brand KATE melaporkan bahwa konsumen cenderung tinggal 4,3 kali lipat lebih lama di situs web dengan fitur virtual try on.

Translate »