Road Trip saat Lebaran, Bisa sambil Liburan di Jalur Mudik

Tempat singgah yang cocok sambil refreshing.

Jalur mudik kerap kali melewati destinasi wisata yang dapat Scarf Lovers singgahi. Hitung-hitung melakukan mudik sambil berwisata sebagai sarana pelepas penat saat berjam-jam di jalan, berikut ini beberapa destinasi liburan di jalur mudik yang bisa dijadikan referensi bagi Scarf Lovers.

Jalur Mudik Selatan Jawa

Selama menempuh jalur road trip Selatan Jawa, pastikan Scarf Lovers mengunjungi Baturaden di Kabupaten Kebumen. Lokasi ini menawarkan ragam wisata berupa air terjun, hutan pinus, kolam pemandian, hingga spot bunga warna-warni. Cocok sekali dijadikan tempat untuk melepas lelah.

Tidak jauh dari Kebumen ada Gua Seplawan di Purworejo yang menjadi lokasi penemuan patung emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Semakin ke Timur, Scarf Lovers dapat singgah ke Air Terjun Tumpak Sewu, yang sekilas menyerupai tirai mirip Air Terjun Niagara.

Jalur Mudik Utara Jawa

Salah satu wisata budaya di rute road trip ini adalah Kampung Batik Trusmi. Berlokasi di Cirebon, Scarf Lovers dapat berbelanja mampir untuk berbelanja batik dengan harga yang lebih miring, sekaligus belajar cara membuat batik. Lumayan, kan, untuk oleh-oleh keluarga di kampung halaman, atau dipakai langsung saat Idul Fitri.

Baca juga  Menjelajahi Perpustakaan Nasional Indonesia

Menjauh dari Cirebon, Scarf Lovers akan melintasi rute road trip ke Semarang dengan ikon bangunan bersejarahnya Lawang Sewu. Keindahan objek wisata ini terletak pada desain interior dan eksterior yang sangat khas bangunan Belanda. Menarik sekali untuk dikunjungi.

Jalur Mudik Jawa-Sumatera

Destinasi wisata pertama yang bisa dikunjungi saat road trip melewati rute Jawa-Sumatera adalah Pantai Krui, Lampung. Menghadap langsung ke samudra, Pantai Krui memiliki ombak nomor tujuh tertinggi di dunia. Semakin ke Barat, Scarf Lovers akan melintasi daerah Kabupaten Kerinci.

Di sini ada Danau Gunung Tujuh yang membawa kita sekilas seperti berada di atas awan. Lalu lanjutkan road trip mudik melewati Kota Bukittinggi, dengan salah satu ikon populernya Jam Gadang dan tentunya kuliner yang lezat.

Baca juga  Rekomendasi Restoran Halal All You Can Eat di Surabaya

Jalur Mudik Jawa-Bali-Nusa Tenggara

Saat road trip, sebelum ke Bali Scarf Lovers dapat singgah dulu di Banyuwangi dan mengunjungi Hutan De Djawatan. Destinasi wisata ini seakan membawa kita masuk ke dalam hutan Fangorn ala film The Lord of The Rings. Setelah memasuki wilayah Bali, destinasi wisata pertama yang bisa disinggahi adalah Taman Nasional Bali Barat yang berada tidak jauh dari pelabuhan Gilimanuk. Hutan satu ini menjadi habitat asli kera dan burung jalak Bali yang sudah mulai langka.

Kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke Pelabuhan Padang Bai dengan pemandangan berupa pantai yang indah-indah. Setelah itu menyeberang kembali menggunakan kapal laut ke Nusa Tenggara Barat. Salah satu destinasi yang tengah naik daun sudah pasti Mandalika dengan pemandangan laut dan perbukitan yang indah.

Translate »