Museum Di Jakarta Sebagai Tempat Liburan Bersama Keluarga 

Banyaknya tempat wisata di Jakarta yang bisa Anda kunjungi, salah satunya museum. Daftar museum di Jakarta sebenarnya sangat banyak. Namun, sebagian orang masih tidak mengetahui lokasi dari wisata bersejarah tersebut. Pastinya belum lengkap rasanya pergi ke Jakarta tanpa mengenal sejarahnya. Ternyata hal itu dikarenakan stereotipe kota metropolitan menempel lekat pada Jakarta.

Jakarta memiliki banyak museum yang menarik di beberapa titik kota yang bisa Anda dikunjungi.  Dengan tiket masuk yang tergolong murah, Anda dapat menambah ilmu serta dapat berfoto di beberapa  spot foto menarik.

Berikut adalah daftar museum yang bisa Anda kunjungi:

 

Museum Nasional

image: cushtravel.com

Museum Nasional ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat, museum ini memiliki  tujuh jenis benda peninggalan prasejarah yang bisa Anda nikmati, yaitu arkeologi, keramik, numismtik-heraldik, sejarah, etnografi, dan geografi.

Baca juga  Sejarah Bunga Tulip: Bunga Nasional Turki dan Iran

 

Museum Fatahillah

image: flickr.com

Museum yang memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta, dulunya merupakan balai kota  Jakarta. Museum Fatahillah memiliki beberapa koleksi, di antaranya yaitu replika peninggalan masa Pajajaran dan Tarumanegara, mebel antik dari abad ke-17 hingga abad ke-19, keramik, batu prasasti, gerabah dan sebagainya.

 

Museum Bank Mandiri

image: encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Museum ini dibangun pada tahun  2004 yang pada awalnya adalah kantor Factorij di  Jakarta yang merupakan perusahaan dagang milik raja Belanda yaitu Willem I yang kemudian berkembang menjadi perusahaan di bidang perbankan

Baca juga  Inilah, 3 Negara Dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyak

 

Museum Satria Mandala

image: jakarta-tourism.go.id

Museum yang merupakan rumah dari salah satu istri mantan Presiden Indonesia, yaitu Soekarno. Beberapa koleksi peralatan antaranya rudal, ranjau, tank, torpedo, atribut ketentaraan, meriam, helikopter, pesawat terbang, hingga panji-panji dan lambing-lambang yang ada di lingkungan TNI.

 

Museum Wayang

 

Museum ini menyajikan beberapa bentuk dan jenis wayang dari seluruh Indonesia, baik itu terbuat dari kulit, kayu atau pun bahan-bahan lainnya. Tidak hanya wayang dari Indonesia, namun wayang dari luar negeri juga ada, di antaranya wayang dari Kamboja dan Republik Rakyat Tiongkok.

 

Jadi, Anda tertarik pergi ke museum mana nih, Scarflover?

(NRN)

Translate »