5 Tips Menjaga Tanaman Tetap Subur saat Ditinggal Liburan

Hindari dari terkena sinar matahari langsung.

Jika Anda memiliki banyak tanaman hias di rumah pasti Anda sering merawatnya. Lalu, bagaimana jika Anda sedang pergi liburan dan berharap tanaman tetap subur dan tidak layu. Berikut ini, tips menjaga tanaman tetap hidup saat Anda pergi berlibur.

1. Kelompokkan tanaman menjadi satu 

Jika Anda mengelompokkan tanaman hias Anda, maka kelompok tanaman hias itu menciptakan iklim kecil mereka sendiri di mana mereka dapat mempertahankan kelembaban yang lebih banyak. Hal ini baik untuk menjaga tanaman tubuh subur dalam kelembaban. Iklim mikro dapat membantu tanaman hias Anda tetap berkembang.

2. Hindari dari paparan sinar matahari langsung

Pindahkan tanaman ke tempat yang teduh cukup mendapat cahaya matahari. Hindari tata letak tanaman di tempat yang terlalu terik atau terkena paparan sinar matahari langsung karena dapat mempercepat proses penguapan air. Anda juga bisa memindahkan tanaman ke tempat yang bisa terjangkau air hujan.

Baca juga  Fakta Unik Tradisi Idul Adha di Pakistan

3. Tunda kasih ‘makan’

Jika kamu sesekali memberi pupuk untuk tanaman hias Anda, sebaiknya untuk menunda hal tersebut beberapa hari sebelum pergi berlibur. Pupuk akan meningkatkan laju pertumbuhan tanaman. Sedangkan, tanaman sebaiknya tumbuh selambat mungkin selama Anda tinggal pergi berlibur.

4. Hidrasi tanaman menggunakan sistem infus

Penuhi kebutuhan air yang cukup untuk tanaman Anda dengan sistem infus. Caranya, gunakan botol plastik bekas yang bersih dan kosong. Lubagi beberapa bagian botol sebagai jalur drainase. Sebelum ditinggal pergi berlibur, isi botol dengan air dan masukkan ke dalam tanah di pot. Pastikkan botolnya tidak terlalu dekat dengan tanaman, dan pastikan botol tertanam cukup sehingga tanah menutupi lubang. Air akan perlahan keluar dari botol saat tanah mengering.

Baca juga  Inspirasi Gaya Hijab dengan Model Anting yang Sedang Tren

5. Simpan dalam kamar mandi

Pindahkan seluruh tanaman hias Anda ke tempat yang lembab seperti kamar mandi. Contoh tanaman yang butuh kelembabab, seperti tanaman pakis, spider plant, atau monstera. Lebih baik jika di kamar mandi tersebut terdapat jendela agar ruangan mendapat cahaya alami. Selain kamar mandi, Anda juga bisa letakkan di ruangan kecil.

Translate »