Prasangka Baik adalah Sikap Terbaik Saat Mendengar Rumor

Setiap hari kita mendapatkan informasi dengan mudah, apalagi sudah adanya perkembangan teknologi yang pesat. Informasi yang didapat ada yang berupa berita baik atau berita buruk. Selain itu juga, munculnya rumor menjadi informasi yang asalnya tidak jelas dan tidak ada yang tahu siapa yang menyebarkannya pertama kali.

Dalam Islam, menurut QS. An-Nur (24):12 dijelaskan bahwa sesaat kita mendengarkan rumor, selaku orang Mukmin dan Mukminah harus berprasangka baik atau Husnudzon terhadap rumor tersebut.

لَّوْلَآ إِذْ سَمِعْتُمُوهُ ظَنَّ ٱلْمُؤْمِنُونَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتُ بِأَنفُسِهِمْ خَيْرًا وَقَالُوا۟ هَٰذَآ إِفْكٌ مُّبِينٌ

Artinya: “Mengapa di waktu kamu mendengar berita bohong itu orang-orang mukminin dan mukminat tidak bersangka baik terhadap diri mereka sendiri, dan (mengapa tidak) berkata: “Ini adalah suatu berita bohong yang nyata”. (QS. An-Nur: 12)

Baca juga  3 Keistimewaan Malam Nisfu Sya’ban, Penuh Berkah!

Sedangkan buruk sangka bukanlah hal baik yang dilakukan orang beriman. Orang beriman itu lebih mendahulukan prasangka baik, kepada siapa pun, termasuk Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW, berpesan saat tiga hari sebelum wafatnya. Beliau memberi wasiat kepada umat manusia tentang bagaimana kita harus bersikap terhadap ketentuan Allah SWT.

عن جابِر بن عبدِ اللَّه ، رضي اللَّه عنهما ، أَنَّهُ سَمِعَ النَبِيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم ، قَبْلَ موْتِهِ بثلاثَةِ أَيَّامٍ يقولُ : « لَا يَمُوتَنَّ أَحَدُكُم إِلاَّ وَهُوَ يُحْسِنُ الظَّنَّ بِاللَّه عزَّ وَجَلَّ » رواه مسلم

Baca juga  Mengenal Jagung Pulut Beserta Manfaatnya

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu anhuma bahwasanya ia mendengar Nabi shalallahu alaihi wasalam, sebelum wafatnya kurang tiga hari pernah bersabda: “Janganlah seseorang dari engkau semua itu meninggal dunia, melainkan ia harus -berbaik sangka- kepada Allah Azza wajalla.” (Riwayat Muslim)

Sikap berprasangka baik bahwa Allah SWT akan memperlakukan kita dengan baik, akan memberikan kita kebahagiaan, akan menyelamatkan kita di akhirat. Allah SWT akan memperlakukan manusia sesuai dengan prasangka manusia itu sendiri, maka berprasangka baiklah.

Translate »