Jenahara Nasution Belajar Banyak Hal Usai Rancang Seragam Pasukan Kehormatan KTT G20 Bali

Terinspirasi dari Pangeran William.

19

Presidensi Indonesia sukses menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, yang digelar pada 15-16 November 2022.

Di balik kesuksesan G20 Bali yang khidmat dan mengantongi respon positif dari berbagai negara, ada berbagai pihak dan industri yang terlibat. Salah satunya dalam industri fashion yang berhasil merancang Wastra Indonesia untuk dikenakan para delegasi KTT G20.

Tentu, disini busana berperan penting ketika kamera media internasional menyoroti berbagai delegasi KTT G20 yang berjalan dengan gagah di atas red carpet.

Nah, bukan hanya para delegasi, Presidensi Indonesia juga memperhatikan betul busana para pasukan kehormatan KTT G20 dengan detail dan bermakna.

Seragam Pasukan Kehormatan KTT G20 Bali yang dirancang khusus oleh Jenahara Nasution.

Desainer ternama di tanah air itu mengaku terharu dan bangga meskipun tidak bisa hadir dalam G20 di Bali.

Melalui unggahan foto di instagram @jenaharanasution, ia menuliskan seputar rancangan busana Seragam Pasukan Kehormatan KTT G20 Bali, yaitu:

“Partially designed for JAJAR PASUKAN KEHORMATAN G20 uniform ✨

Kenapa partial? Karena dalam proses mendesignnya gak akan sebagus ini hasilnya kalau gak langsung di bantu dan di mentor oleh Mas Wishnutama.”

Jenahara juga mengakui bahwa untuk rancangannya kali ini melalui proses yang sangat ribet dan memakan waktu yang cukup lama. Lantaran setiap detailnya cukup kompleks.

“Gara-gara ngedesign uniform ini jadi banyak belajar do’s and dont’s serta dibuat dengan begitu banyak perhitungan, peraturan dan protokol yang ada,” tulisnya.

Perancang busana yang akrab disapa Jehan itu terinspirasi dari Prince of Wales (Pangeran William) saat mengenakan red uniform dan memadukannya dengan Wastra Indonesia.

Image: jenaharanasution (Instagram)

“Kami mengkombinasikan tenun ikat Bali supaya tidak kehilangan kearifan lokalnya dan menambah design bordir tradisional benang emas yang terdapat di leher (khusus pada uniform berwarna merah terdapat gambar pohon kapas ) dan bagian tangan yang inspirasinya diambil dari kombinasi motif tenun Bali and tenun Nusa Tenggara,” ungkap desainer yang memiliki label modest fashion Jenahara.

Image: jenaharanasution (Instagram)

Alhasil seragam Pasukan Kehormatan KTT G20 dikemas dalam warna hitam.

“Akhirnya, design uniform ini juga dibuat dengan warna yang hitam ✨. Gak apa-apa ya orangnya gak nyampe G20 yang penting karyanya aja yang nyampe sana 🥲,” tutup Jenahara.