Intip Cendera Mata Para Ketua Delegasi KTT G20 di Bali

Cendera mata berupa wastra khas Indonesia.

25

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 menjadi puncak acara rangkaian Presidensi G20 Indonesia telah digelar selama dua hari, pada tanggal 15-16 November 2022.

Ada yang menarik dari cendera mata berupa busana dari kain atau wastra Indonesia, yang disiapkan oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) sebagai infrasturuktur dan logistik perhelatan KTT G20 di Bali, antara lain:

  1. Batik Tiga Negeri Pekalongan
    Balutan Batik Tiga Negeri Pekalongan dipersiapkan oleh Indonesia untuk seluruh ketua delegasi yang hadir telah dikerjakan secara detail selama enam bulan untuk setiap satu helai kain batiknya.

    Image: Kemensetneg

    Busana batik ini akan dikenakan oleh para ketua delegasi pada acara gala makan malam para pemimpin negara anggota G20, pemimpin negara, dan pemimpin organisasi internasional di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK).

    Kain tenun ikat hasil inovasi desain dari Putu Agus Aksara Diantika, yang dibuat dengan teknik tenun ikat tanpa meninggalkan keaslian kain endek klungkung.

  2. Kain Tenun Ikat Catri Klungkung Bali
    Kain ini sepenuhnya dikerjakan menggunakan tangan para terampil penenun Desa Gelgel, Klungkung Bali dan alat tenun tradisional sehingga setiap corak kainnya unik dan tidak ada yang sama antara satu dan lainnya.

    Image: Kemensetneg

    Inspirasi keindahan flora yang berupa bunga, putik, dan tanaman rambat nusantara digubah dan diterjemahkan dalam karya tenun ini ke dalam pola-pola hiasan tegas yang dibuat berulang-ulang dan mengalir yang disebut pepatran. 

    Ornamen pepatran mengandung unsur budaya adi luhung yang melambangkan sebuah paradoks kehidupan yang harus diselaraskan dan diseimbangkan sehingga tercapai kebahagiaan dan kesejahteraan dunia.

    Berikut adalah potret para pemimpin dunia bersama pendampingnya dalam perhelatan KTT G20 di Bali, antara lain: 

    1. Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berfoto bersama dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping dan pendampingnya Madam Peng Liyuan.
    2. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan pendampingnya Madam Yuko Kishida tiba di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) untuk menghadiri welcoming dinner KTT G20.