Manfaat Bermain Tenis Bagi Kesehatan Mental

Tenis merupakan olahraga dengan raket yang dimainkan antara dua pemain atau antara dua pasangan masing-masing. Selain memberikan dampak yang baik bagi fisik, tenis juga baik bagi kesehatan mental. Berikut beberapa manfaatnya, antara lain:

Image : freepik

1) Meningkatkan konsentrasi

Bermain tenis secara teratur mampu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Lantaran membutuhkan keterampilan dan strategi atletik.

 

2) Suasana hati yang lebih baik

Tenis membuat otak melepaskan endorfin dan serotonin. Hal ini bisa meningkatkan mood. Berfokus untuk mengalahkan lawan juga mengalihkan pikiran Anda dari kekhawatiran dan masalah lain dalam hidup.

 

3) Meningkatkan performa diri

Bermain tenis secara teratur dapat meningkatkan keseimbangan, koordinasi, kecepatan, dan fleksibilitas. Keadaan fisik yang ditingkatkan ini menghasilkan kepercayaan diri yang lebih besar dalam kehidupan sehari-hari. Saat permainan Anda meningkat, kepercayaan diri ini juga akan terus menjadi lebih kuat.

Baca juga  Mengenal Autoimun, Penyakit yang Diidap Jessica Iskandar

 

4) Kurangi Stres

Tenis mampu meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda, yang juga membantu tubuh Anda menangani tekanan kehidupan sehari-hari, kecemasan, bahkan stress.

 

5) Membuat daya pikir jernih

Olahraga teratur membantu Anda tetap dalam kondisi pikiran yang positif. Tenis tidak hanya membutuhkan kecakapan atletik tetapi juga sejumlah strategi yang baik. Anda dipaksa untuk berpikir cepat dan merespons dengan baik. Anda harus mengantisipasi langkah lawan berikutnya, menghitung respons terbaik, dan mengirimkannya dalam hitungan detik. Anda tidak hanya akan melatih otot-otot di tubuh Anda, tetapi Anda juga akan melenturkan dan membangun otot-otot mental Anda.

Baca juga  Olahraga Ampuh Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan

 

6) Lebih mengontrol diri

Menghargai ketika lawan Anda melakukan pukulan yang bagus daripada menyalahkan diri sendiri karena tidak memukul bola dengan cukup baik. Ini pertanda Anda mampu mengendalikan diri dengan baik.

 

7) Mampu memecahkan masalah (problem solving)

Tidak banyak olahraga lain yang melibatkan pemecahan masalah sebanyak tenis, karena hampir setiap pukulan yang Anda pukul adalah reaksi dari apa yang lawan Anda lemparkan kepada Anda. Namun, dengan bersikap tenang terhadap penampilan lawan membuat kita secara tak sadar mampu beradaptasi, berimprovisasi, dan mengatasinya dengan baik.

Translate »