Sering Main Tenis? Ini Dia Manfaatnya

Olahraga tenis diketahui melibatkan banyak sistem organ dan kelompok otot untuk digerakan secara bersamaan. Scarf Lover sendiri lebih suka melakukan olahraga apa? Di masa pandemi seperti saat ini, olahraga tenis masih dianjurkan karena dilakukan dengan menjaga jarak.

Selain itu, olahraga yang satu ini bisa dilakukan di lapangan terbuka atau halaman rumah bila memungkinkan sehingga akan jauh lebih aman.

Lalu apa saja manfaat baik dari olahraga tenis? Berikut ini penjelasannya seperti yang dilansir dari laman Healhtline.

1. Mendukung Kesehatan Kardiovaskular

Aktivitas aerobik dalam bentuk apapun (berlari, berenang, berkebun,dll) diketahui memang berfungsi untuk memperkuat jantung. Sebuah studi tahun 2017 menemukan berolahraga tenis dapat menurunkan 56% resiko kematian akibat penyakit kardiovaskular atau penyempitan pembuluh darah yang larinya ke jantung (dan penurunan 47% risiko kematian akibat sebab apapun).

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Olahraga tenis tidak hanya melindungi jantung namun juga membantu Anda menurunkan berat badan. Karena tenis membutuhkan kekuatan kita untuk bisa arah bola sehingga kerpa kali membuat Anda berkeringat deras. Jika dilakukan secara rutin akan membantu menurunkan berat badan.

Baca juga  Apa Itu OCD?

3. Meningkatkan Rentang Gerak

Gerakan tenis yang luas, seperti mengayun dan menggapai bola, adalah sarana yang sangat baik untuk meningkatkan jangkauan gerak. Gerakan peregangan dinamis ini melumasi sendi Anda serta otot dan tendon. Namun, jika Anda baru memulai olahraga tenis ini, sebaiknya lakukan gerakan ini dengan hati-hati agar gerakannya tidak menimbulkan cedera yang parah. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan pemasan sebelum olahraga ya, Scarf Lover.

4. Meningkatkan Keseimbangan

Keseimbangan yang sempurna merupakan suatu keharusan dalam olahraga tenis. Mengapa? Karena dengan menjaga keseimbangan, setidaknya dalam olahraga tenis ini jika setiap kali Anda mencondongkan tubuh untuk melakukan backhand, Anda tidak mudah jatuh. Dengan menggunakan raket, Anda melatih tubuh untuk menjaga keseimbangannya sambil memukul dan melakukan pukulan dengan ekstensi dua kaki dari lengan Anda.

Image: unsplash

5. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Osteoporosis terjadi ketika pembentukan tulang baru tidak dapat mengimbangi kerusakan tulang lama, sehingga menyebabkan tulang lebih mudah patah. Resiko ini akan meningkat seiring bertambahnya usia. Di dalam olahraga tenis, setiap kali Anda menaikkan raket, Anda secara tidak langsung bekerja melawan gravitasi. Kekuatan yang diberikan pada tulang Anda ini membantu tulang-tulang Anda tumbuh jadi lebih kuat.

Baca juga  Alasan Kenapa Anda Sebaiknya Tidak Melakukan Operasi Plastik

6. Meningkatkan Paparan Vitamin D

Mendapatkan vitamin D yang cukup diketahui selalu dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, peningkatan kesehatan jantung, dan penurunan resiko kanker. Asupan vitamin D ini dapat Anda dapatkan dari bermain/berolahraga tenis, karena bermain tenis yang baik adalah di pagi hari agar terkena paparan sinar matahari yang sehat untuk tubuh.

7. Meningkatkan Interaksi Sosial

Seperti yang diketahui semua orang, Anda tidak bisa bermain tenis sendiri. Membobol bola ke depan dan belakang membutuhkan lawan bermain. Manfaat bermain dengan orang lain sangat baik untuk, lho, Scarf Lover. Kesehatan mental Anda akan terdorong dari interaksi sosial dengan sesama pemain. Studi menunjukkan bahwa kontak sosial tatap muka mengurangi risiko depresi, terutama di antara orang dewasa yang lebih tua.

(AR)

Translate »