Pilihan Tanaman untuk Anda yang Ingin Berkebun di Apartemen

Scarf Lover tidak perlu khawatir bila tinggal di apartemen dengan lahan balkon yang sempit. Keadaan itu tetap memungkinkan kok untuk Anda yang hobi bercocok tanam. Mungkin, Anda bisa memulainya dengan pilihan tanaman berbuah sebagai berikut:

  • Tanaman herbal
Image: Pexels

Daun mint, daun kucai (sejenis daun bawang), peterseli, lavender, daun basil (mirip kemangi) dan thyme, mereka semua bener-bener rekomendasi banget, Scarf Lover! Anda bisa memanfaatkan mereka sebagai jus dan food garnish bagi daun mint, daun bawang, peterseli dan kemangi. Untuk thyme berfungsi sebagai penyedap rasa yang punya manfaat mengurangi tekanan darah dan atasi jerawat. Nah kalau lavender sendiri ampuh untuk mengusir nyamuk, aromaterapi, dan pengharum ruangan. Wow kaya akan manfaat ya, Scarf Lover! Tanaman ini juga tidak tumbuh besar dan terlalu lebat sehingga tak memakan tempat. Lalu, usai panen segeralah taburkan bibit yang baru.

  • Tumbuhan untuk salad & sayur
Baca juga  Cara Mudah Membuat Ayam Bakar Serai untuk Makan Siang
Image: Pexels

Daripada berbelanja, lebih baik Anda coba bercocok tanam selada, bayam, arugula (satu keluarga dengan kembang kol, lobak & bayam). Tumbuhan ini bisa dijadikan sayur hingga salad yang penuh serat dan bergizi. Selada & bayam baik bagi kesehatan tulang, cegah kanker dan menyehatkan mata. Sedangkan arugula dapat mencegah diabetes, menjaga kesehatan jantung, memperkuat sistem imun dan baik bagi tumbuh kembang janin. Tumbuhan ini tidak rewel kok selagi Anda rutin memberikan air yang cukup. 

  • Tomat
Image: Pexels

Meskipun tomat dapat tumbuh lebih subur di wadah sekitar 76 cm, tetapi tomat juga bisa kok tumbuh dengan baik pada pot sedang. Tentunya diiringi perawatan yang benar ya, Scarf Lover! Atau Anda juga bisa mengakalinnya dengan pot gantung supaya buahnya makin banyak. Tomat mempunyai khasiat seperti mengontrol gula darah, melancarkan pencernaan dan mencerahkan kulit.

  • Cabai
Baca juga  Pentingnya Me Time di Tengah Kesibukan
Image: Pexels

Harga cabai seringkali melambung tinggi, ada baiknya Anda mencoba menanam sendiri. Apalagi bila Scarf Lover adalah pecinta pedas lumayan bisa irit anggaran belanja, ya kan? Selain itu cabai juga kaya manfaat lho! Cabai ampuh hilangkan stress, mengobati sariawan, membantu pembentukan sel darah merah dan melancarkan pencernaan apabila dikonsumsi seimbang. Ingat ya, jangan berlebihan nanti bisa sakit perut kepedasan, Scarf Lover! Tanaman ini cukup memakai pot sedang saja dan bisa tumbuh dengan baik.

  • Stroberi
Image: Pexels

Bersantai di balkon sambil ditemani buah stroberi bikin suasana makin berseri ya, Scarf Lover! Supaya panen melimpah, pastikan stroberi memperoleh sinar matahari selama 6 jam. 

(BR)

Translate »