Ternyata Daun Binahong Bisa Sembuhkan Jerawat

 

Banyak orang belum mengenal daun binahong. Daun binahong adalah tanaman herbal yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi yang memiliki banyak manfaatnya. Daun binahong memiliki nama latin Anredera cordifolia. Daun berbentuk hati ini berkhasiat untuk mengobati jerawat dan penyakit kulit lainya.

Kandungan Daun Binahong ternyata lebih banyak mengandung nutrisi dan zat aktif yang berguna untuk kesehatan. Diantaranya yang utama adalah protein, asam arkobat, zat antioksidan, dan total fenol.

Antioksidan ini berasal dari alkaloidnya. Sedangkan jenis protein dalam daun ini adalah saponin yang dibutuhkan dalam pembentukan kolagen yang penting untuk kulit dan tulang. Herbal ini juga berfungsi sebagai penurun panas (analgesik), antiradang, mencegah lemak dalam darah berlebihan (antihiperlipidimik) serta ampuh dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Berikut adalah manfaat Daun Binahong yang bisa jadi refensi Anda untuk mengobati penyakit :

  1. Obat Jerawat

Daun binahong bermanfaat sebagai obat jerawat alami. Kandungan zat yang terdapat di dalamnya mampu secara efektif membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Gunakan daun binahong sebagai masker. Balurkan daun binahong ke seluruh wajah dan biarkan selama 30 menit. Lalu bilas dan lakukan secara rutin.

  1. Obati Luka
Baca juga  Vaksinasi Saat Hamil Dapat Memberikan Antibodi Pada Bayi

Daun binahong dipercaya untuk mempercepat penyembuhan luka. Dari luka memar, luka bakar, hingga luka bekas operasi. Caranya dengan tumbuk daun binahong dan balurkan ke bagian yang luka untuk mempercepat penyembuhan.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat daun binahong selanjutnya yakni mencegah penyakit jantung. Hal ini karena adanya kandungan saponin pada binahong yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang merupakan penyebab serangan jantung.

Cara pemakaiannya yakni mengambil beberapa helai daun binahong, kemudian seduh dengan air panas. Tambahkan sedikit gula atau madu. Konsumsi ramuan itu dua kali sehari.

  1. Cegah Diabetes

Daun binahong dapat mengontrol pengidap diabetes. Caranya dengan minum rebusan daun binahong setiap hari. Hal ini untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Pencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada daun binahong dapat mencegah keganasan kanker. Minum air rebusan binahong 3 kali sehari secara teratur untuk menjaga kesehatan.

  1. Mengobati Maag

Daun binahong bermanfaat untuk mengobati sakit maag. Maag disebabkan karena lambung memproduksi asam lambung berlebih. Mengonsumsi daun binahong dapat membantu menormalkan asam lambung.

  1. Obati Asam Urat
Baca juga  Bahan Alami Ini, Bisa Menghilangkan Flek Hitam di Wajah?

Kandungan daun binahong berguna untuk mengobati asam urat. Sebab dapat menurunkan kadar purina dalam tubuh. Minumlah rebusan daun binahong secara rutin.

  1. Mengatasi Anemia

Daun binahong dipercaya dapat mengatasi anemia. Sebab daun binahong mengandung zat besi yang dibutuhkan sel darah merah.

  1. Tingkatkan Vitalitas Pria

Air rebusan daun binahong juga dapat meningkatkan vitalitas pria. Namun pastikan terlebih dulu agar tidak ada dampak negatif atas hal ini.

  1. Perawatan Kulit

Daun binahong bermanfaat untuk merawat kulit. Kulit dapat lebih lembut, lebih muda, dan bercahaya. Hal ini karenakan tingginya kandungan antioksidan dalam daun binahong. Cara pemakaiannya yakni digunakan sebagai masker wajah atau mengonsumsi air rebusannya secara rutin.

Itulah manfaat daun binahong. Namun perlu juga diperhatikan efek samping daun binahong seperti memicu terjadinya stroke dan hipertensi. Daun binahong juga tidak aman dikonsumsi ibu hamil, ibu menyusui, dan penderita nyeri dada. (YA)

 

Translate »