Lakukan Hal Ini Agar Terhindar dari Ghibah

Gosip, ghibah, atau gunjing adalah sebuah obrolan atau rumor kosong, yang biasanya berkaitan tentang urusan pribadi atau orang lain. Ghibah merupakan hal yang buruk. Cara menghindari ghibah juga dapat Anda lakukan dengan cara mengingatkan diri sendiri jika ghibah merupakan hal yang buruk.

Ghibah merupakan sebuah perbuatan tercela dimana pelaku dapat membuat persatuan dan kesatuan yang awalnya telah terbentuk hilang seketika. Bahkan tidak jarang pula ada yang awalnya berteman lalu menjadi bermusuhan akibat perbuatan ini. Bagi Anda yang ingin menghindari ghibah, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan seperti di bawah ini

  1. Bergaul dengan orang yang baik

Tidak dapat dipungkiri lagi jika nyatanya pergaulan merupakan hal yang dapat membawa dampak besar pada kehidupan sehari-hari kita. Ketika Anda bergaul dengan orang-orang dengan kelakuan baik, maka Anda dengan sendirinya akan ikut terpengaruh dan melakukan hal-hal yang baik pula.

Kebalikannya, ketika Anda bergaul dengan orang yang berperilaku buruk, maka hal ini juga akan memberntuk kepribadian Anda juga. Jika Anda ingin menghindari perilaku ghibah tentu Anda harus menghindari orang yang gemar melakukan ghibah itu sendiri. Saat Anda berada di antara para pelaku ghibah Anda akan terbawa perkataan mereka dan mulai merespon setiap kata sehingga terbentuklah ghibah.

  1. Jaga lidah Anda

Berhati-hati dalam bicara merupakan sifat yang harus kita tanamkan sejak kecil. Berhati-hati ketika ingin mengatakan sesuatu membantu Anda dalam menghindari ghibah. Ketika tahu apa yang akan dibicarakan merupakan hal yang buruk, lebih baik tidak usah dikatakan.

Baca juga  Mengenal Tanda-Tanda Datangnya Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Katakan saja yang baik-baik sehingga Anda terhindar dari bahaya lisan. Pepatah mengenai mulutmu adalah harimaumu merupakan sebuah pepatah yang benar adanya. untuk itu, jaga dengan baik lisan Anda supaya tidak

  1. Introspeksi diri

Introspeksi diri merupakan hal yang cukup sulit dilakukan. Ada banyak orang yang dapat memilah-milah kesalahan orang lain, ini benar dan yang itu salah namun terkadang kesalahan sendiri tidak tampak olehnya. Intropeksi diri merupakan hal yang baik terlebih untuk mencari kejelekan diri sendiri. Ketika kita menemukan bahwa ternyata diri kita jauh lebih buruk dibandingkan orang lain, maka akan menimbulkan rasa malu yang pastinya menghindarkan Anda untuk membicarakan keburukan yang lain. Intropeksi diri akan membuat Anda merasa malu jika harus membicarakan keburukan orang lain sedangkan Anda sendiri masih memiliki banyak kesalahan dan harus dibenahi. Intropeksi membuat Anda sadar dengan kesalahan yang ada sehingga dapat dijadikan sebagai ajang untuk membenahi diri supaya dapat berperilaku lebih baik.

  1. Ingat kebaikan orang tersebut

Tidak semua orang yang dibicarakan memiliki kelakuan yang buruk sehingga tidak ada satupun ada kebaikan dari dirinya. Setiap orang tentu memiliki sisi baik dan sisi buruk. Ketika ingin membicarakan kejelekan tentangnya, sebaiknya Anda ingat-ingat pula kebaikannya. Dengan mengingat sisi baik orang tersebut terlebih jika orang tersebut sering membantu Anda ketika ada masalah, maka rasa keinginan untuk membicarakan hal buruk darinya akan hilang.

Hilangkan kebiasaan buruk untuk membicarakan orang ketika orang tersebut melakukan sedikit kesalahan karena bisa Anda dia jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Anda.

  1. Ghibah merupakan hal yang buruk
Baca juga  Kisah Halimah Sa'diyah Mendapat Keberkahan Setelah Asuh Nabi Muhammad

Cara menghindari ghibah juga dapat Anda lakukan dengan cara mengingatkan diri sendiri jika ghibah merupakan hal yang buruk. Tanamkan pada diri sendiri jika pelaku ghibah tidak ada manfaatnya dan hanya akan membawa keburukan. Keburukan yang didapat tidak hanya pada orang yang menjadi bahan pembicaraan melainkan juga pada si pelaku ghibah. Anda akan dicap orang sebagai tukang gosip yang gemar menggosip kesana sini.

  1. Banyak berpikir positif

Berpikir positif menyelamatkan Anda dari pikiran-pikiran buruk yang merusak. Berpikir positif tentu lebih baik dan pastinya memberi pengaruh yang baik pula pada kehidupan Anda. Berbeda dengan berpikir positif, maka gemar berpikir buruk merupakan kebalikannya.

Pikiran buruk dapat membuat Anda tenggelam dalam beragam hal yang tidak bermanfaat sehingga perilaku Anda juga dapat menyimpang. Selain itu pikiran buruk terhadap orang lain membuat kita dengan mudah membicarakan keburukannya.

  1. Saling mengingatkan

Anda tidak perlu merasa sungkan ataupun ragu untuk mengingatkan terhadap sesama. Namun dalam mengingatkan tentu Anda sendiri juga harus mencerminkan perbuatan yang baik. jangan sampai Anda hanya sekedar mengingatkan namun kelakuan Anda juga tidak jauh beda dengan yang diingatkan.

Bagi Anda yang beragama Islam, tentu tahu jika ghibah merupakan perbuatan yang berdosa dan dimurkai Allah. Perbuatan ini membuat timbangan kejahatan orang yang digunjingkan berpindah pada si pelaku ghibah. Sehingga ada baiknya jika Anda berpikir seribu kali sebelum melakukan perbuatan satu ini. (YA)

Translate »