Jerawat Tidak Kunjung Hilang? Terapkan Cara Ini

Sudah bukan rahasia lagi kalau jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling mengganggu. Wajar kalau banyak orang berusaha mati-mati untuk menghilangkannya. Sayangnya, pada kondisi kulit tertentu, jerawat sulit hilang meski sudah menerapkan berbagai macam perawatan wajah.

Jangan gegabah dalam melakukan perawatan. Yuk coba ikuti beberapa hal ini ketika jerawat yang sudah ditangani nggak kunjung menghilang. Patuhi, biar nggak makin parah dan merusak wajah.

  1. Pastikan bahwa itu benar-benar jerawat

Selain jerawat, banyak masalah kulit lain yang bentuknya hampir sama. Supaya bisa ditangani dengan benar, pastikan bahwa itu merupakan jerawat. Selain itu ketahui juga jenis jerawatnya, agar nggak keliru menanganinya.

  1. Cek lagi skincare yang dipakai

Meski ada beberapa kandungan skincare yang memang direkomendasikan untuk jerawat, tapi belum tentu semua kulit bisa menerimanya. Terlebih, mereka yang punya kulit sensitif. Sebelum pakai skincare tertentu, pastikan bahwa Anda nggak ada alergi dengan salah satu kandungan di dalamnya.

  1. Periksa ke Dokter
Baca juga  Kapan Waktu yang Tepat Gunakan Produk Anti Aging?

Biar nggak salah penanganan, mending Anda mendatangi dokter untuk memastikan jenis jerawat dan perawatannya. Nantinya dokter akan memberimu obat dan saran perawatan yang tentu bikin kondisi wajah jadi membaik. Pastikan pergi ke dokter spesialis kulit, bukan di klinik kecantikan, ya!

  1. Usahakan tidak memegang dan memencet jerawatnya

Tangan yang kotor akan memicu bakteri penyebab jerawat lainnya. Nah, kalau nggak mau jerawat makin banyak, mending hindari menyentuh wajah dulu. Anda pun dilarang buat memencet jerawat supaya nggak berbekas dan malah bikin bopeng.

  1. Tidur lebih awal

Seharusnya kita sudah tidur pukul 22.00 atau maksimal pukul 23.00. Sebab, di atas waktu ini, hormon kortisol akan meningkat. Nah, hormon ini bisa memicu stress inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat.

  1. Memperbaiki pola makan

Baiknya, mulai hindari makanan yang mengandung kadar gula dan memicu insulin tinggi. Sebab, terlalu banyak insulin bisa membuat metabolisme tubuh terganggu dan berakibat pada melambatnya proses penyembuhan jerawat, melansir laman Hello Sehat. Nggak cuma itu, insulin juga akan memicu produksi sebum (minyak) berlebih sebagai penyebab jerawat lo!

  1. Perhatikan kebersihan
Baca juga  Body Gel Lotion Anti Lengket Terbaik

Meski nggak terlihat, benda seperti seprai, handuk, atau sarung bantal ternyata menyimpan bakteri dan kotoran yang jadi penyebab jerawat sulit hilang. Nah, biar jerawat membaik segera ganti seprai seminggu sekali. Untuk sarung bantal, Anda bisa menggantinya dua atau tiga kali seminggu.

  1. Jangan terlalu dipikir, jerawatan itu wajar kok

Semua usaha sudah dilakukan tapi jerawat tetap nggak membaik? Tenang, jangan terlalu dipikir. Kalau Anda mikirnya terlalu dalam nanti malah stres, yang ada jerawat makin merajalela. Lagipula, jerawatan itu wajar kok, semua orang pasti mengalaminya.

Baiknya, hindari juga perawatan menggunakan skincare DIY. Soalnya, kita nggak pernah tahu apakah kandungannya aman untuk kulit atau nggak. Jangan terlalu minder dengan jerawat, percaya diri saja! Yang penting Anda udah berusaha merawatnya dengan benar. Nothing to lose! (YA)

Translate »