Ini Dia 5 Jenis Skincare Yang Aman Bagi Ibu Hamil

Merawat kulit wajah jadi satu prioritas bagi para perempuan tak terkecuali para ibu hamil. Nyatanya, kini kehamilan memang bukan lagi menjadi halangan para ibu untuk tetap merawat dirinya. Apalagi pada masa kehamilan berbagai masalah kulit kerap kali muncul dan hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi pada setiap ibu hamil.

Karena itu, demi mengurangi masalah kulit yang terjadi pada masa kehamilan, Anda tetap bisa rutin skincare-an asal Anda lebih teliti memilih jenis kandungan yang aman bagi kesehatan janin Anda. Namun Anda tak perlu khawatir, karena scarf media telah merangkum jenis skincare apa saja yang aman digunakan untuk para ibu hamil!

Melansir dari paulaschoice.com, menurut American College of Obstetricians dan Gynaecologists terdapat bahan-bahan pada skincare yang aman untuk ibu hamil. Kira-kira apa saja? Keep scrolling!

Anti-Aging

Bagi scarf lover yang telah memasuki usia 30an dan mulai mengalami tanda-tanda penuaan pada kulit, penggunaan krim anti aging memang sangat disarankan tak terkecuali untuk Anda para ibu hamil. Krim  anti-aging telah di klaim aman digunakan pada masa kehamilan selama Anda tetap memperhatikan berbagai kandungannya. Anda bisa pilih krim anti-aging yang mengandung vitamin C, niacinamide, asam hialuronat, dan peptide. Karena berbagai kandungan dalam krim anti-aging  tersebut dinilai aman digunakan selama masa kehamilan.

Baca juga  Kesalahan dalam Menggunakan Sponge Makeup
dok by paulaschoice com

AHA & BHA

AHA dan BHA merupakan dua macam kandungan berjenis acid yang memiliki fungsi untuk mengeksfoliasi kulit wajah. BHA sendiri adalah exfoliant yang baik untuk kulit, dengan kandungan aktif kecil yang digunakan dalam perawatan kulit (2% atau lebih rendah) dan boleh digunakan saat hamil. Sementara AHA, tetap bisa jadi pertimbangan untuk Anda sebagai pengelupasan asam glikolat atau asam laktat (AHA) selama kehamilan.

dok by popsugar

Tabir Surya

Tabir surya atau sunscreen memang menjadi produk skincare Andalan karena disamping manfaatnya yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari, penggunaan tabir surya juga diinilai dapat melembapkan wajah hingga membantu menghilangkan bekas jerawat membandel.

dok by wardah

Namun, tahukah Anda bahwa penggunaan tabir surya sangat disarankan untuk ibu hamil lho. Karena pada masa kehamilan, kulit Anda dinilai membutuhkan nutrisi yang lebih. American College of Obstetricians dan Gynecologists juga belum menemukan bahaya terdapat pada bahan tabir surya yang didukung oleh penelitian medis atau hewan.

Perlu diperhatikan, bagi para ibu yang memilik kulit wajah sensitif, Anda bisa coba untuk memilih tabir surya yang hanya mengandung mineral aktif titanium dioksida atau seng oksida, karena keduanya tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

Baca juga  Mengenal Teknik Buffering dalam Penggunaan Retinol

Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida adalah bahan yang sangat baik untuk mengendalikan jerawat dan dianggap aman dalam konsentrasi rendah (5% atau kurang) untuk digunakan selama masa kehamilan. Jadi, bagi scarf lover yang memiliki masalah jerawat pada masa kehamilan, pastikan sabun atau krim oles jerawat  Anda mengandung benzoil peroksida ya!

Asam azelaic

Terakhir, jenis  kandungan skincare yang aman digunakan untuk ibu hamil ialah Asam azelaic. Kandungan yang satu ini dianggap aman untuk digunakan selama kehamilan karena bedasarkan penelitian, Asam azelaic dapat membantu mengatasi jerawat dan gejala rosacea yang terlihat  tanpa menganggu kesehatan janin Anda.

dok by theordinary com

Bukan hanya itu, kandungan yang satu ini juga dapat menghilangkan noda hitam pada wajah Anda lho, scarf lover. Cara kerja dari asam azelaic untuk mengobati jerawat ialah membunuh bakteri yang menginfeksi pori-pori Anda dan mengurangi produksi keratin atau zat alami yang bisa menyebabkan jerawat berkembang.

Nah, dari 5 jenis skincare yang aman digunakan untuk ibu hamil seperti yang telah dibahas, scarf lover hanya tinggal memilih mana yang cocok dengan kulit Anda dan sesuaikan dengan kebutuhan ya. Atau untuk lebih pastinya, scarf lover bisa kosultasikan dahulu dengan dokter mengenai produk yang disarankan! (FIA)

 

Translate »