Berbagai Manfaat Kecantikan Ini Bisa Anda Dapatkan Lewat Berolahraga Secara Rutin

Olahraga memang dikenal baik untuk kesehatan mulai dari menjaga kesehatan jantung, hingga dipercaya juga dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Namun, tahukah Anda bahwa olahraga juga ternyata memiliki berbagai manfaat yang bisa mempercantik kulit?

Menurut Ellen Marmur, MD, profesor dermatologi di Mount Sinai School of Medicine, aktivitas fisik seperti olahraga bisa mendorong sirkulasi darah yang tidak hanya dapat membantu menjaga kesehatan Anda, namun juga dapat menjaga kesehatan kulit. Karena itulah, dengan rutin berolahraga, Anda pun bisa mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bercahaya. Nah, kira-kira apa sih alasan jelasnya olahraga bisa mempercantik kulit? Berikut rangkumannya!

Olahraga membuat otak dan tubuh lebih rileks, sehingga mencegah munculnya jerawat

Munculnya jerawat pada wajah ataupun di bagian kulit tubuh lainnya rupanya bukan hanya disebabkan oleh kotoran yang menumpuk pada kulit saja lho, scarf lover. Karena jerawat bisa juga jadi indikasi bahwa diri Anda sedang mengalami stres, yang menyebabkan produksi hormon dan  minyak pada tubuh menjadi tidak terkendali, dan pada akhirnya hal tersebut menjadi faktor pemicu utama timbulnya jerawat pada kulit Anda.

Percaya atau tidak, cara terbaik untuk menghilangkan stres adalah dengan melakukan olahraga. Hal ini dikarenakan olahraga dinilai bisa memberikan efek rileks pada otak maupun tubuh. Selain itu, dengan berolahraga, juga dapat memicu produksi hormon endorfin pada tubuh, di mana hormon ini bisa membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih tenang.

Baca juga  Minum Air Terlalu Banyak, Dapat Menyebabkan Hiponatremia?

Olahraga meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan mencegah penuaan dini

Setiap perempuan tentu menginginkan kulit wajah yang senantiasa terlihat awet muda. Untuk mendapatkan kulit wajah agar selalu tampak kencang, selain dengan menggunakan serangkaian skincare tentunya, Anda juga bisa berolahraga secara rutin. Dengan rutin berolahraga, hal ini bisa menunda terjadinya penuaan pada kulit sehingga Anda akan selalu tampil awet muda.

dok by instagram @arohali

Kulit yang keriput sendiri disebabkan oleh produksi kolagen pada kulit menurun. Pada dasarnya, kolagen memiliki manfaat untuk menjaga elastisitas dan kekuatan kulit. Nah, berolahraga secara rutin dan tepat rupanya bisa meningkatkan produksi kolagen pada kulit, sehingga proses penuaan dini pada kulit bisa dicegah!

Berkeringat saat berolahraga bisa bikin kulit jadi lebih bersih

Siapa yang menyangka bahwa berkeringat saat melakukan olahraga ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Mungkin awalnya Anda merasa terganggu ketika kulit Anda mengeluarkan terlalu banyak keringat. Tapi perlu Anda ketahui, keringat yang keluar saat berolahraga justru membuat kulit Anda jadi lebih sehat dan bersih, lho.

Pada saat Anda berolahraga, kelenjar keringat akan memproduksi banyak keringat yang keluar dari pori-pori kulit. Dengan begitu, kotoran yang terkunci di dalam pori-pori kulit akan terdorong keluar oleh keringat, sehingga pori-pori akan kembali bersih dan segar.

Baca juga  4 Jenis Pigmentasi pada Kulit Wajah Anda
dok by freepik com

Tapi perlu diingat juga, setelah usai berolahraga,dan keringat sudah tidak lagi keluar, ada baiknya Anda segera mandi dan bersihkan kulit agar kotoran tidak menumpuk kembali di kulit.

Olahraga melancarkan sirkulasi oksigen dalam darah, sehingga kulit lebih cerah

Manfaat terakhir dari berolahraga untuk kecantikan kulit ialah dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. Dengan rutin berolahraga, tentunya sirkulasi darah seseorang  akan menjadi lebih lancar. Dan sirkulasi darah yang lancar inilah ternyata yang bisa membawa banyak dampak positif pada kulit Anda. Bagaimana bisa?

Sederhananya, peredaran darah yang lancar dalam tubuh akan menyuplai oksigen dan nutrisi yang cukup bagi kulit. Apabila kulit menerima suplai oksigen dan nutrisi yang cukup, kulit jadi terjaga kesehatannya. Kulit Anda akan senantiasa lembap dan tampak lebih cerah secara merata.

Nah, dari rangkuman diatas kini Anda telah menghetahui manfaat dari rutin melakukan olahraga ringan yang rupanya bisa membawa dampak positif bagi kesehatan kulit mulai dari mencerahkan, hingga menghilangkan jerawat. Jadi, mulai saat ini scarf lover harus lebih bersemangat olahraga, demi mendapatkan tubuh dan kulit yang sehat, ya! (FIA)

Translate »