Bahan Makanan Alami yang Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan

Saat tubuh sedang terjangkit suatu penyakit, sistem imun pada tubuh kita akan mulai bekerja agar penyakit tersebut segera dihancurkan sehingga tubuh kembali dalam keadaan sehat. Tapi ternyata kemampuan tubuh untuk melakukan poses penyembuhan penyakit berbeda pada setiap orang tergantung pada sistem kekebalan tubuh atau sistem imun mereka.

Namun, ternyata ada beberapa bahan alami yang berperan sebagai healing food atau makanan penyembuh yang dapat membantu proses pemulihan dan pencegahan dari berbagai penyakit dengan cara memperkuat sistem imun tubuh. Penasaran makanan apa saja yang bagus untuk memperkuat sistem imun tubuh manusia? Yuk simak ulasannya!

Lemon

dok.freepik

Lemon kaya akan senyawa bio-flavonoid yang dapat membunuh radikal bebas penyebab penyakit kanker. Buah yang satu ini juga sangat kaya akan kandungan vitamin C yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam lemon juga akan menngkatkan produksi antibodi dan menciptakan pelindung terhadap serangan bakteri serta virus. Lemon juga mengandung zat antioksidan yang baik untuk detoksifikasi hati.

Cara mengkonsumsi lemon agar berkhasiat dalam tubuh adalah mencampur perasan lemon dengan air hangat. Lalu minumlah secara rutin di pagi hari.

Apel

dok.freepik

Apel kaya akan serat yang dapat membantu mengurangi peradangan selama infeksi. Dalam buah apel terkandung antosianin yang terletak pada warna merah apel, zat ini memiliki sifat antiradang dan antikanker. Dari beberapa studi yang sudah dilakukan, buah apel dapat membantu tubuh melindungi kanker paru dan kanker usus. Zat flavonol yang terkandung dalam apel juga dapat mencegah dan mengurangi risiko terjadinya kanker pankreas.

Baca juga  Mengenal Dermatitis Atopik, Alergi yang Diderita Anak Mona Ratuliu

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal akademik Annals of Oncology menemukan bahwa rutin mengkonsumsi satu buah apel atau lebih setiap harinya dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara sebesar 18 persen.

Apel juga mengandung antioksidan yang tinggi yang berfungsi untuk menangkal efek buruk radikal bebas dari sisa metabolism dalam tubuh, serta melindungi tubuh dari berbagai polutan yang terdapat dalam makanan, udara, bahkan sinar matahari. Selain memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, buah yang satu ini juga akan memberikan efek mengenyangkan setelah dikonsumsi sehingga baik untuk diet.

Bawang Putih

dok.freepik

Bawang putih kaya akan senyawa sulfur bioaktif yang dapat mencegah pembetukan sel kanker dalam tubuh. Zat tersebut berfungsi untuk memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari zat karsinogen, dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrion, bawang putih dapat membantu mengurangi plak pada arteri koroner, yaitu pembuluh yang memompa darah ke jantung. Hal tersebut akan bermanfaat bagi Anda yang memiliki gangguan pada jantung dan sistem metabolisme.

Baca juga  Tips Mencegah Masuk Angin

Senyawa allicin juga ditemukan dalam bawang putih. Senyawa tersebut berfungsi sebagai antivirus, antimikroba, dan antijamur yang ampuh dalam membunuh berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi infeksi, bawang putih lebih baik dimakan mentah.

Jahe

dok.freepik

Selain bermanaat untuk mengurangi mual, jahe juga memiliki manfaat sebagai anti-peradangan dan kaya akan antioksidan. Tumbuhan herba yang satu ini juga terbukti memiliki senyawa penunjang sistem imun sebagai beta karoten dan capsaicin. Jahe juga memiliki senyawa gingerol yang dapat mencegah penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor.

Gingerol juga berfungsi sebagai anti-inflamasi atau anti peradangan pada bagian tubuh yang sedang mengalami pembengkakan pada bagian yang sakit. Cara mengkonsumsi jahe pun sangat mudah, Anda dapat mencampur air jahe dengan teh atau susu, lalu minumlah secara rutin.(NP)

Translate »