11 Jenis Kuas Make-up dan Fungsinya

Kuas make-up menjadi salah satu alat penting saat merias wajah. Namun, dengan banyaknya jenis kuas make-up yang tersedia apakah Anda sudah benar-benar paham apa saja jenis kuas make-up? dan apa fungsinya? Agar tak salah saat mengenakan kuas make-up Anda harus menambah wawasan terlebih dahulu mengenai berbagai jenis kuas make-up.

Foundation Brush

dok. M.A.C Cosmetics

Foundation brush digunakan untuk mengaplikasikan jenis kosmetik berbasis cair maupun krim, seperti liquid foundation, creamy foundation, hingga BB cream dan CC cream. Kuas dari foundation brush ini cenderung berbentuk pipih dan memiliki jenis bulu yang lebih keras dibanding jenis kuas lainnya.

Cara terbaik untuk mengnakan kuas jenis ini adalah dengan menuangkan foundation di punggung tangan, lalu gunakan foundation brush untuk membaurkannya pada wajah. Setelah rata, selesaikandengan gerakan ke arah bawah supaya mendapatkan hasil make-up yang flawless

Concealer Brush

dok. Lancome.com

Kuas untuk concealer memiliki jenis bulu yang serupa dengan foundation brush, namun biasanya concealer brush berbentuk lebih panjang, kecil, dan runcing pada baguan ujungnya. Concealer brush digunakan untuk menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah, seperti noda hitam di wajah, lingkaran hitam di bawah mata, dan bekas jerawat.

Angled Contour Brush

dok. M.A.C Cosmetics

Kuas angled contour berbentuk asimetris atau miring ke satu sisi dan meruncing pada bagia ujungnya. Kuas ini digunakan untuk meng-contour wajah agar terlihat lebih tirus. Biasanya teknik contour akan diaplikasikan pada daerah tulang pipi, rahang, pinggir hidung, dan dahi.

Powder Brush

dok. Bare Minerals

Kuas ini digunakan untuk membaurkan bedak pada seluruh wajah. Ujung bulunyacenderung menebal atau cembung yang berfungsi untuk membaurkan alas bedak (foundation), contouring, dan bedak. Bedak yang digunakan dapat berupa jenis bedak padat atau bedak tabur.

Eyeshadow Brush

dok. Sephora

Kuas eyeshadow yang satu ini memiliki jenis bulu yang padat dengan bentuk yang pipih dan ujungnya tebal. Kuas tersebut biasanya digunakan untuk membentuk sudut mata menggunakan eyeshadow.

Blending Brush for Eyeshadow

dok. NYX

Kuas ini memiliki bentuk oval dan berukuran kecil. Bulunya cenderung lebat yang berfungsi untuk membaurkan perpaduan beberapa warna eyeshadow supaya gradasi pencampurannya tampak lembut dan natural.

Angled Eyeliner Brush

dok. Sephora

Kuas angled eyeliner ini berbentuk asimetris di satu sisinya dan memiliki tekstur yang keras. Biasanya kuas tersebut digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner jenis gel.

Lash Brow Brush

dok. The Body Shop

Kuas ini identik dengan nama sikat alis. Lash Brow Brush memiliki dua sisi dengan fungsi yang berbeda. Pada sisi yang berbentuk sisir mini, berfungsi untuk mempersiapkan bulu mata sebelum diaplikasikan dengan maskara, dan untuk merapikan bulu mata dari gumpalan maskara. Sedangkan sisi lainnya digunakan untuk menyisir bulu alis sebelum menggambar alis.

Angled Brow Brush

dok. Anastasia Beverly Hills

Kuas ini berbentuk pipih dengan bentuk yang asimetris. Bulu pada Angled Brow Brush sangat halus karena diperuntukkan untuk menggambar helaian bulu di dalam alis secara natural. Kuas ini dipakai untuk mengaplikasikan kosmetik alis berbasis powder atau gel. Sudutnya yang lancip berfungsi untuk membentuk ujung alis yang lebih presisi

Blush Brush

dok. Bobbi Brown

Sesuai namanya, kuas ini berfungsi untuk mengaplikasikan blush on. Dengan bentuk kuas yang tebal dan cembung, kuas yang satu ini akan membaurkan blush on atau shimmering dengan sempurna pada pipi Anda.

Fan Brush

dok. Tarte

Kuas yang satu ini memiliki bentuk seperti kipas dengan bulu yang pipih dan melebar. Fan brush berfungsi untuk mengaplikasikan highlighter pada tulang pipi.

Itulah jenis-jenis brush make-up yang biasa dipakai untuk mengaplikasikan riasan Anda. Jangan sampai salah menggunakannya ya! (NP)