Mengetahui Lebih Dalam Mengenai Cara Memanfaatkan Sosial Media Untuk Wirausaha

Era revolusi digital yang sedang berlangsung saat ini menyebabkan beberapa perubahan kebiasaan dalam masyarakat Indonesia. Salah satu contohnya adalah pada zaman dahulu orang hanya dapat membeli barang dengan cara pergi di toko, namun saat ini walau hanya duduk manis saja dirumah, Anda dapat dengan cepat memesan barang yang Anda butuhkan, lalu tak lama barang tersebut akan sampai di tempat tujuan.

Revolusi digital tersebut harus dipahami oleh kaum muda untuk membuka peluang usaha. Pada event Campus yang diselenggarakan oleh Scarf Media berkolaborasi dengan Kopi ABC di Potekkes Kemenkes II, salah satu narasumber yaitu Qonitah Aljuindah memberikan ilmu penting terkait pemanfaatan sosial media untuk wirausaha.

Hijabers yang biasa dipanggil Tata ini, menceritakan awal mula ia mulai terjun ke dunia wirausaha. “Aku berfikir selain hanya menjadi influencer sepertinya aku juga harus punya bekal lain. Akhirnya karena aku tertarik dengan fashion, akupun mulai berbisnis di dunia fashion,” kata Tata. Oleh karena itulah, Tata memberanikan diri untuk memanfaatkan sosial media sebagai alat untuk berbisnis. Bisnis yang kini sedang dirintis Tata adalah memproduksi kerudung yang dibuat dari bahan ramah lingkungan.

dok. by Scarf Media

 

Tata menjelaskan untuk sukses berwirausaha kita harus mengetahui dan mengikuti tren saat ini namun tetap diimbangi dengan ilmu kewirausahaan. Selain itu, ada 3 tips penting yang harus diterapkan agar dapat sukses berwirausaha

  1. Menampilkan Produk Dengan Visual Yang Bagus
Baca juga  Akun Centang Biru di Instagram dan Facebook Bakal Berbayar Rp 225 Ribu

Menggaet target market dengan cara menampilkan visual yang bagus pada setiap foto sangat penting untuk dilakukan agar produk yang dijual lebih digemari. Saat ini, sebagian besar orang lebih menyukai akun Instagram yang rapi, mempunyai feeds yang menawan, dan pastinya berisi foto yang bagus. Tata mengatakan “Foto yang bagus bisa didapatkan dengan cara yang sederhana kok, tak perlu harus ke studio, cukup dengan menggunakan kamera ponsel dan dengan memanfaatkan background yang sesuai maka foto produk yang berkualitas bisa didapatkan,” ucap Tata. Sedangkan untuk membuat feeds Instagram menjadi lebih bagus Anda dapat menggunakan aplikasi edit foto seperti, VSCO, Picsart, dan Photoshop.

  1. Jelas Mendeskripsikan Produk

Berjualan di media sosial membuat pembeli tak dapat melihat dan menyentuh dengan langsung produk yang akan ia beli. Itu sebabnya, produk yang memiliki deskripsi yang lengkap akan lebih menarik daripada produk yang kurang informasinya. Salah satu contohnya, ketika Anda menjual kerudung jangan lupa cantumkan caption yang mendeskripsikan kerudung tersebut, dari mulai nama bahan, kenyamanan, warna, dan hal lainnya yang berkaitan dengan informasi kerudung harus dicantumkan dengan jelas agar pembeli merasa puas dengan produk tersebut.

  1. Memanfaatkan Semua Tools Sosial Media
Baca juga  Serahkan Hasil Donasi ke MUI, Selebgram Fadil Jaidi Bantu Pembangunan Rumah Sakit di Palestina

Tata juga menambahkan bahwa memanfaatkan semua tools yang ada di sosial media dengan sebaik mungkin dapat membuat sukses berwirausaha. Contohnya adalah dengan memanfaatkan sosial media sebagai alat untuk menganalisa produk apa yang sedang disukai oleh masyarakat melalui jumlah like postingan mengenai produk tersebut. Selain itu, sosial media juga dapat digunakan sebagai alat untuk berkolaborasi dengan orang lain agar tujuan yang dimiliki dapat tercapai dengan baik.

  1. Mengetahui Segmentasi Dengan Baik

Sebelum memulai wirausaha kita harus memikirkan terlebih dahulu target pasar yang menjadi sasaran. Brand yang diperuntukkan khusus untuk remaja laki-laki pastinya memiliki gaya yang berbeda dengan brand khusus ibu-ibu. Selain itu, kata-kata yang digunakan untuk promosi juga harus disesuaikan dengan segmentasi. Jangan sampai ada salah paham antara pembeli dan penjual karena salahnya kata yang dipilih.

Demikian itulah beberapa tips yang dapat diterapkan bagi #scarflover yang ingin mulai berwirausaha dengan memanfaatkan media sosial. (NP)

Translate »