4 Jenis Bedak dan Kegunaannya yang Harus Anda Tahu

Selain lip product, bedak juga jadi salah satu produk makeup yang tak pernah dilewatkan oleh perempuan saat merias wajahnya. Bedak dinilai mampu memberikan efek yang lebih segar dan cerah pada wajah meski tanpa bantuan foundation. Seperti yang kita ketahui, bedak memiliki berbagai macam tekstur dan kegunaan yang berbeda pada tiap jenisnya. Nah, dari sekian banyaknya jenis bedak wajah, sayangnya tidak semua akan cocok untuk kulit dan kebutuhanmu, lho. Sebelum salah beli, mari kenali 4 jenis bedak beserta kegunaannya yang harus Anda ketahui!
 
1. Loose Powder
 
Loose powder atau bedak tabur merupakan jenis bedak wajah yang paling awal hadir. Dengan teksturnya yang ringan dan lembut, bedak jenis ini menjadi salah satu favorit para perempuan. Loose powder juga bisa jadi rekomendasi pilihan bedak untuk Anda gunakan sehari-hari terutama bagi Anda yang memiliki tipe wajah berminyak, karena partikelnya yang sangat halus, bedak ini akan membuat hasil riasan Anda menjadi terlihat lebih natural dan “menyatu” dengan kulit serta dapat menjaga wajah dari minyak berlebih.
Dok. BareMinerals
Untuk hasil yang lebih rata, loose powder akan lebih baik jika diaplikasikan dengan powder brush. Namun sayangnya, di samping berbagai kelebihannya, bedak ini juga memiliki kekurangan yaitu agak sulit dibawa berpergian karena tak begitu praktis sehingga berisiko mudah tumpah. Sebagai solusinya, Anda bisa memindahkan loose powder ini ke dalam jar kecil ketika ingin dibawa berpergian.
2. Pressed/Compact powder
Jenis bedak yang satu ini dapat dibilang sebagai bedak yang wajib dimiliki oleh para perempuan, karena jenis bedak ini praktis untuk dibawa kemana-mana. Compact powder digunakan untuk touch up ini juga memiliki berbagai kandungan dan nutrisi yang bermanfaat bagi kulit seperti vitamin E dan pelembap. Sehingga bedak ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kulit kering.
Dok. Makeup For Ever
Sedikit tips, bagi Anda yang ingin menggunakan bedak ini sebagai finishing powder setelah pengaplikasian BB cream, concealer atau foundation, pilih pressed powder yang memiliki coverage cukup sheer agar riasan wajah Anda tidak terlihat cakey atau seperti memakai topeng.

 

3. Setting Powder
 
Setting powder merupakan jenis bedak yang sering digunakan untuk membantu mengunci riasan wajah, terutama untuk area kilau wajah atau bagian wajah yang mudah berminyak, seperti dahi, pipi, dan juga dagu. Dengan mengaplikasikan setting powder, riasan wajah Anda dinilai akan bertahan lebih lama.
Dok. NARS

 

Biasanya setting powder memiliki warna translucent yang artinya tak akan menambah warna pada kulit karena warnanya akan menjadi bening setelah diaplikasikan bahkan membuat tampilan wajah menjadi lebih mengilap.
 
4. Two-Way Cake Powder
Jenis bedak yang terakhir ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang butuh produk makeup 2 in 1. Ya, two-way cake powder merupakan jenis bedak yang memiliki formula foundation dan powder menjadi satu. Dengan coverage-nya yang medium to high, jenis bedak ini dapat menutup kekurangan pada wajah mulai dari bintik hitam, hingga bekas jerawat dengan sempurna.
Dok. Mac Cosmetics

 

Perlu diperhatikan, bagi Anda yang ingin menggunakan bedak ini, dianjurkan untuk tidak memakainya setiap hari , karena bedak ini memiliki formula yang cukup berat, sehingga berpotensi menutup pori dan menimbulkan jerawat jika Anda membersihkannya dengan kurang maksimal.
 
Jadi, yang mana bedak favorit Anda?  (FIA) 
Baca juga  5 Bahan Alami Ini Dipercaya  Ampuh Menghilangkan Noda Bekas Jerawat
Translate »