5 Tanda Ketika Produk Skincare Tidak Cocok di Kulit Anda

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, perempuan biasa menggunakan beberapa jenis produk skincare untuk rangkaian perawatan kulit mereka. Namun, ternyata tidak semua skincare cocok untuk semua jenis kulit. Mungkin Anda pernah mengalami saat produk skincare tertentu berefek bagus pada orang lain namun, saat Anda mencobanya skincare tersebut malah menyebabkan masalah pada kulit Anda seperti muncul jerawat, kemerahan, atau kulit menjadi kering.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tanda-tanda apa saja yang biasa muncul saat kulit tidak cocok pada produk skincare. Jika salah satu dari lima hal berikut Anda alami setelah mencoba produk skincare tertentu, maka segeralah hentikan pemakaiannya.

 

  1. Kulit selalu terasa gatal setelah memakainya

Jika kulit Anda terasa gatal sesudah memakai suatu produk skincare kemungkinan produk tersebut tidak cocok pada kulit Anda. Penyebab dari rasa gatal ini adalah kulit Anda sensitif dengan formula fragrance yang banyak ditemukan pada produk skincare. Fragrance sendiri adalah nama bahan yang memberikan aroma wangi pada produk skincare. Jika suatu produk skincare menyebabkan kulitmu gatal maka sebaiknya hentikan pemakaian produk itu, selanjutnya carilah produk yang berlabel fragrancefree.

Freepik

 

  1. Rasa terbakar setelah pemakaian pertama
Baca juga  Cara Menyisir Rambut dengan Tepat Sesuai Jenis Rambut

Baik produk seperti pembersih, lotion, atau masker, atau krim produk kecantikan dapat menimbulkan rasa terbakar pada kulit. Reaksi tersebut muncul sebagai tanda bahwa kulit Anda mengalami alergi. Jika Anda mengalaminya maka sebaiknya hindari penggunaan skincare yang mengandung retinol dan menggantinya dengan produk yang mengandung vitamin C atau resveratrol.

 

3. Munculnya jerawat

Jika setelah menggunakan suatu produk skincare kulit Anda menjadi berjerawat dan tak kunjung hilang selama lebih dari tiga hari, maka kemungkinan kulit Anda tidak cocok dengan produk tersebut. Hal ini dikarenakan adanya penyumbatan pori-pori yang disebabkan oleh salah satu bahan yang terkandung dalam produk skincare.

Untuk mengurangi kemungkinan munculnya jerawat, Anda dapat menghindari zat-zat seperti synthetic fragrance, microbeads, dan berbagai jenis petrotchemical, yakni paraffin wax, benzene, petrolatum, dan lain-lain.

 

  1. Kulit terasa kering

Kulit yang terasa kering biasanya disebabkan oleh kandungan alkohol dan acid tinggi yang terdapat pada suatu produk skincare. Alkohol sering ditemukan pada produk yang berfungsi sebagai cleanser atau peeling. Jika kulit Anda terasa kering bahkan mengelupas setelah menggunakan produk tertentu maka hentikanlah pemakaian produk tersebut, lalu carilah produk cleanser yang tidak mengandung alkohol.

Baca juga  3 Sampo yang Aman Dipakai Bagi Ibu Hamil

Jika kulit Anda sudah terlanjur mengalami hal ini, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan pelembap wajah yang teksturnya krim, atau dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, madu, yogurt, dan minyak kelapa.

 

  1. Mata perih dan memerah

 

Bukan hanya wajah, mata pun dapat terkena imbas dari produk skincare yang tidak cocok. Hal ini biasanya disebabkan oleh kandungan alkohol tinggi yang terdapat di eye cream atau cleanser Anda. Jika Anda mengalami mata merah dan perih setelah menggunakan suatu produk, segeralah berhenti mengenakan produk tersebut, dan bilas mata dengan air. Selanjutnya carilah produk-produk skincare yang mengandung sedikit alkohol atau produk bebas alkohol. (NP)

 

Translate »