5 Penyebab Munculnya Noda Hitam Pada Wajah

Noda hitam merupakan salah satu permasalahan wajah yang sering dihadapi oleh para perempuan khususnya saat memasuki usia 25 tahun ke atas. Noda hitam pada wajah memang agak sulit dikenali penyebabnya, padahal kadang kita merasa sudah merawat wajah dengan cukup baik, namun ada saja noda hitam yang awalnya tak terlihat kemudian lama-lama malah jadi mengganggu penampilan.
Paparan sinar matahari yang berlebihan memang menjadi salah satu faktor pemicu timbulnya noda hitam pada wajah, namun rupanya masih ada sejumlah faktor lain yang bisa jadi biang penyebab munculnya noda hitam pada wajah Anda. Penasaran apa saja? berikut 5 penyebab lain munculnya noda hitam pada wajah Anda!
1. Bekas jerawat 
Pasti semua setuju bahwa selesai masalah satu jerawat, timbul kembali masalah baru yakni bekasnya yang membandel dan sulit hilang. Biasanya, ada beberapa jerawat yang meninggalkan bekas kemudian lama kelamaan menjadi noda hitam pada wajah dan tentunya sangat mengganggu penampilan.
Freepik

 

Bekas hitam ini terjadi apabila jerawat Anda dipecahkan sebelum matang atau saat mengalami radang. Salah satu cara mengatasinya, Anda bisa coba krim yang mengandung hydroquinone, vitamin C, atau kojic acid untuk memudarkan noda hitam di wajah Anda tersebut.
2. Penggunaan kosmetik yang tidak cocok
Freepik

 

Kesalahan pemakaian kosmetik pun ternyata dapat membuat noda hitam pada wajah Anda. Sebagai contoh, efek dari pemakaian krim pemutih kulit yang berbahaya,  hal  tersebut tentunya akan membuat kulit kita semakin ‘tipis’ dan menjadi lebih rentan oleh efek buruk sinar matahari yang bisa membuat kulit makin cepat mendapatkan flek hitam. Untuk itu, Anda harus selalu berhati-hati dalam memilih produk kosmetik apapun demi kesehatan wajah Anda!
3. Kurangnya asupan vitamin
Freepik

 

Seperti yang telah diketahui, vitamin memang menjadi salah satu hal penting yang mendukung kesehatan seluruh tubuh salah satunya kulit wajah. Untuk itu, jika Anda kurang mengkonsumsi vitamin, maka jangan heran jika pigmentasi pada wajah Anda akan terlihat jelas. Pastikan Anda selalu memenuhi asupan vitamin B12, K, dan juga vitamin E yang bisa Anda dapatkan dari sayur-sayuran maupun vitamin khusus untuk kulit, sebagai pencegah munculnya noda hitam.
4. Polusi udara
Penyebab noda hitam selanjutnya ialah karena seringnya wajah kita terkontaminasi oleh polusi udara. Noda hitam timbul karena polusi udara yang menyebabkan iritasi pada kulit, kemudian menimbulkan inflamasi, sehingga merusak lapisan kulit. Inilah yang memicu produksi melanin sehingga timbul noda hitam pada wajah.
5. Perubahan hormon 
Pengaruh hormon ternyata juga bisa membuat perubahan pada kulit Anda. Misalnya ketika seseorang sedang hamil, efek hormonal itulah yang menyebabkan terjadinya perubahan warna kulit atau munculnya flek hitam di kulit wajah.
Freepik

 

Perubahan ini biasanya wajar dan akan menghilang dengan sendirinya. Jenis obat kontrasepsi tertentu juga bisa menyebabkan munculnya flek hitam. Solusinya, Anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (FIA)