Gemar Pakai Skincare? Hindari 5 Kesalahan Ini

Untuk mendapat kulit yang cantik dan sehat, memakai rangkaian skincare merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan oleh perempuan. Namun, tanpa disadari ada beberapa kesalahan yang sering kita lakukan saat memakai skincare.

Pada acara Breaktime Office to Office oleh Scarf Media bersama IOMA Indonesia dan Anna Sui Cosmetics di kantor Kementerian BUMN hari Jumat (2/11) lalu, Deta Arlinta selaku Trainer Manager Aroma Abadi menjelaskan beberapa kesalahan penggunaan skincare yang sering terjadi.

1.     Memijat wajah saat mengaplikasikan pelembap

Mungkin Anda sering beranggapan bahwa agar pelembap menyerap dengan baik ke kulit wajah, kita perlu memijatnya. Namun ternyata, tidak dibenarkan untuk memijat wajah saat memakai pelembap.

Dengan memijat wajah, minyak yang ada pada wajah akan keluar dan membuat pelembap yang diaplikasikan tidak menyerap dengan sempurna.

Maka dari itu, saat mengaplikasikan pelembap sebaiknya cukup dioles atau ditepuk-tepuk hingga merata saja, tanpa perlu dipijat. Beda halnya dengan ketika Anda memakai pembersih wajah. Agar semua kotoran dan minyak keluar, Anda perlu memijat wajah saat membersihkannya. Kemudian bersihkan kotoran dan minyak tersebut dengan air dan sabun cuci muka.

 

2.     Tidak memakai sun protection

Masih banyak perempuan yang menyepelekan peran sun protection dan menganggapnya hanya sebagai pelindung agar kulit tidak menghitam. Padahal, ada banyak dampak buruk yang terjadi jika kita tidak memakai sun protection

Baca juga  Kiat-kiat Menjaga Kuku Tetap Sehat dan Kuat

Terlalu sering terpapar sinar UV tanpa perlindungan dapat membuat kulit dehidrasi, dan jika dibiarkan akan menimbulkan garis halus dan kerutan. Selain itu, sinar UV yang selama bertahun-tahun dibiarkan terpapar ke kulit tanpa perlindungan dapat menembus lapisan terdalam kulit dan merusak atau bahkan membunuh sel-sel kulit. Jika dibiarkan, paparan sinar UV itu dapat menyebabkan Anda terserang kanker kulit.

 

 

3.     Mengaplikasikan eye cream dengan cara ditekan

Kulit di daerah mata lebih tipis dan sensitif jika dibandingkan dengan kulit di daerah lainnya. Kondisi ini membuat kita tidak bisa sembarangan saat mengaplikasikan eye cream. Jika dilakukan dengan kurang tepat, khasiat dari eye cream malah bisa terbuang dengan percuma.

Saat mengaplikasikan eye cream, gunakan jari manis Anda karena jari manis memiliki tekanan yang paling rendah dibandingkan jari lainnya. Jangan tekan daerah mata terlalu kencang, hal ini dapat menimbulkan kerutan baru pada kulit Anda. Untuk menjaga kontur mata, perlu diperhatikan juga gerakan saat meratakan eye cream. Pijat halus daerah mata dengan gerakan dari bagian tengah ke luar, kemudian dari bagian atas ke luar.

Baca juga  Cara untuk Lebih Bersyukur Meskipun Saat Keadaan Sulit

 

4.     Tidak memakai pelembap saat menggunakan makeup

Masih banyak anggapan yang salah diluar sana tentang penggunaan pelembab. Contohnya, wajah yang berminyak sudah tidak perlu lagi memakai pelembab. Padahal semua jenis kulit tetap harus pakai pelembab, hanya kita perlu menyesuaikan produk yang digunakan dengan jenis kulit kita.

Selain itu banyak yang beranggapan bahwa memakai primer saja sebelum mengaplikasikan makeup sudah cukup, tanpa perlu menggunakan pelembap. Padahal, makeup akan lebih ‘menempel’ pada kulit wajah yang lembap. Dengan memakai pelembap, wajah akan lebih siap untuk menerima makeup sehingga hasil dari makeup yang diaplikasikan juga akan lebih bagus.

5.     Menggunakan cleanser yang membuat wajah terasa kesat dan seperti tertarik

Adalah anggapan yang salah jika Anda berpikir facial cleanser dengan efek wajah kesat dan seakan tartarik itu baik bagi Anda. Justru, efek seperti itu membuktikan bahwa cleanser tersebut punya kandungan deterjen yang banyak dan beresiko merusak lapisan kulit. Anda bisa memilih facial cleanser yang memiliki efek membersihkan tanpa membuat wajah jadi terasa tertarik dan kering. (AUL)

Translate »