SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Sering Mengalami Rasa Gelisah yang Berlebih? Ini Tips Mengatasinya

3

Pada saat-saat yang tidak terduka atau pada saat sedang melakukan kegiatan, seringkali Anda merasa gelisah yang berlebih terhadap suatu hal. Namun jika terfikirkan, tidak ada hal-hal yang bisa dikhawatirkan dan seringkali rasa gelisah ini hanyalah sebuah sugesti.

Saat merasa gelisah, biasanya ditandai dengan jantung yang berdegup dengan kencang sehingga membuat Anda tidak nyaman dan bahkan menjadi stres. Selain itu ada tanda lain seperti telapak tangan yang berkeringat saat akan mengalami hal-hal yang luar biasa.

Rasa cemas dan gelisah merupakan respon alami dari tubuh. Namun penyebab mengapa menjadi gelisah tentu akan berbeda pada setiap orang. Namun yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa mengatur dan mengatasi rasa cemas dan gelisah yang berlebihan itu menjadi normal kembali.

Melansir dari healthline.com, ini cara mengatasi rasa cemas yang berlebih:

image: freepik.com
  1. Perhatikan Pola Pikir

Rasa gelisah biasa berawal dari pikiran negatif akan suatu hal mungkin saja tidak akan terjadi. Coba lah untuk menantang pikiran negatif itu dan buat diri Anda menjadi percaya diri.

  1. Latihan untuk Fokus

Usahakan untuk selalu fokus. Bisa jadi kegelisahan tersebut dikarenakan Anda kurang fokus dan semuanya terlihat berantakan. Coba untuk istirahat sejenak dan bernafas dalam-dalam selama lima menit hingga tubuh menjadi lebih relax.

  1. Aromaterapi Mungkin Bisa Membantu

Banyak manfaat dari menghirup aromaterapi. Salah satunya memberikan ketenangan. karena aromaterapi dianggap membantu mengaktifkan reseptor tertentu di otak Anda, yang berpotensi mengurangi kecemasan. Coba lah sesekali menggunakan minyak aromaterapi seperti lavender dan chamomile.

  1. Jalan Santai atau Meditasi

Terkadang, cara terbaik untuk menghentikan pikiran cemas adalah berjalan santai samnil berusaha menjauh dari situasi. Luangkan waktu sejenak untuk membantu pikiran menjadi lebih fokus. Jika semua sudah normal. Secara perlahan kembali beraktivitas dengan pikiran yang tenang.

  1. Tuliskan Apa yang Menjadi Pikiran

Tulis apapun yang menjadi ketakutan dan kegelisahan Anda. Trik ini sangat membantu bagi mereka yang mengalami kecemasan secara sporadis. Karena dengan Anda menuliskannya bisa membantu mengeluarkan hal-hal negatif dari pikiran Anda sehingga Anda bisa berpikir jernih. (AA)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.