Muslimah Creative Day 2025 Jadikan Ruang Baru untuk Kreativitas dan Identitas Muslimah

Dari animator global hingga brand lokal, press con MCD 2025 membuka perjalanan kreatif yang lebih luas bagi perempuan

Scarf Media kembali menghadirkan Muslimah Creative Day 2025, yang tahun ini diperkenalkan lebih dulu melalui press conference pada 2 Desember 2025 di Pendopo Wisma Habibie, Jakarta. Ruang bersejarah yang dulu menjadi tempat Ibu Ainun Habibie membaca Al-Qur’an setiap hari ini memberi nuansa hangat dan spiritual selaras dengan nilai Scarf Media bahwa kreativitas tumbuh dari akhlak baik dan kedekatan pada nilai-nilai Islam.

Hadir sejumlah figur lintas industri yang mewakili ekosistem kreatif Muslimah Temi Sumarlin (Founder & CEO Scarf Media), animator global Sasha Subono dari Weta FX New Zealand, Wahdiah Nur Octavia (PR Wardah), serta Winda Kusuma Dewi (Sales & Marketing Dafanya Scarf). Kehadiran mereka menunjukkan bahwa kreativitas Muslimah kini berkembang di banyak ranah dari budaya visual, animasi internasional, beauty halal, hingga modest fashion.

Image: Scarf Media

Temi membuka sesi dengan menyoroti perkembangan MCD sejak 2019. Ia menjelaskan bahwa acara ini kini menjadi ruang tumbuh, bukan sekadar transaksi. “Muslimah Creative Day bukan hanya ajang transaksi. Di sini kita bisa merayakan karya dan kreativitas muslimah. Tahun ini kita coba semakin memperbanyak ruang-ruang diskusi dengan beragam isu dengan komunitas dan generasi muslimah muda,” ujarnya.

Baca juga  Mulai Hari ini, Ada Larangan Memotong Kuku dan Rambut Bagi yang Ingin Berkurban
Image: Scarf Media

Ia juga mengingatkan bahwa budaya lahir dari pemikiran dan keseharian. “Produk budaya Muslim ada di sekitar kita muslim fashion, halal beauty, hingga halal tourism dan itu yang ingin kita rayakan.”

Dari perspektif global, Sasha Subono berbagi pengalaman tinggal di lingkungan multikultural yang justru menguatkan identitasnya sebagai Muslimah. “Tinggal di negara yang sangat terbuka membuat saya semakin menerima identitas saya sebagai Muslimah. Dan justru di sana, identitas itu dihargai,” tuturnya.

Image: Scarf Media

Perwakilan brand dari Dafanya Scarf yang baru pertama kali bergabung juga menunjukkan antusiasme besar. “Kami menyiapkan launching koleksi yang berkolaborasi dengan public figure cantik, anggun, religius menjadi kejutan untuk para pengunjung,” ujar Winda Kusuma Dewi.

Baca juga  Rekomendasi Hijab Motif Kekinian Brand Lokal

Wahdiah Nur Octavia sebagai brand support menegaskan dukungan terhadap ruang kolaboratif bagi perempuan. “Kami ingin para kreator Muslimah dapat berkolaborasi, berdiskusi, dan saling menguatkan,” jelasnya. Wardah juga menghadirkan promo eksklusif selama acara.

Image: Scarf Media

Muslimah Creative Day 2025 akan berlangsung pada 5–7 Desember 2025 di City Hall Pondok Indah Mall 3, menghadirkan ratusan brand modest fashion, halal beauty, halal F&B, serta dua hadiah Umroh dari Muslimverse. Instalasi “Dekorasi Kardus Kreative Membumi” dari Dus Duk Duk yang menggunakan kardus daur ulang akan menjadi salah satu highlight tahun ini.

Selama tiga hari, pengunjung dapat menikmati talkshow, diskusi kreatif, masterclass, hingga aktivitas komunitas dengan tiket Rp25.000 per hari melalui tiptip.id atau on the spot. Dengan dukungan brand dan kreator lintas sektor, MCD 2025 diharapkan menjadi ruang penting bagi kreativitas dan identitas Muslimah masa kini.


Translate »