L’Oréal Paris Gaungkan “Stand Up” Lawan Pelecehan Seksual di Ruang Publik

Bertepatan pada International Women’s Day yang jatuh setiap tanggal 8 Maret, L’Oréal Paris mengajak segenap masyarakat untuk turut serta dalam kampanye Stand Up Against Street Harrassment, yaitu sebuah kampanye yang memberdayakan perempuan dan mengajak saksi insiden pelecehan seksual di ruang publik khususnya Indonesia untuk berperan aktif menolong korban dan mengintervensi pelaku dengan cara yang aman.

50 Tahun L’Oréal Paris Sukses Jadi Beauty Brand Number 1, Becau5e You Are W0rth It

Manashi Guha, General Manager Consumer Products Division L’Oréal Indonesia mengatakan lebih dari setengah abad, L’Oréal Paris berkomitmen untuk mendukung dan menggaungkan betapa berharganya perempuan untuk dapat hidup sesuai keinginan dan mimpinya. Dalam perayaan 50 tahun tagline ikonik kami, We’re Worth It, L’Oréal Paris melanjutkan upayanya untuk mendobrak batasan-batasan demi memberdayakan perempuan melalui kecantikan dan membangun kepercayaan diri.

Beliau juga mengungkapkan bahwa salah satu manifestasi dari Brand Purpose kami adalah program Stand Up Against Street Harassment yang telah diluncurkan secara global sejak tahun 2019. Kami sangat bangga, hari ini kami dapat meluncurkan program ini di Indonesia yang merupakan sebuah aksi nyata keperdulian kami terhadap perempuan Indonesia.

Sebagai brand kecantikan no.1 di dunia, kami ingin ikut berperan aktif dalam melawan isu nomor satu yang dihadapi oleh perempuan Indonesia, yaitu pelecehan seksual di ruang publik.

Dalam riset yang yang kami lakukan secara nasional melalui IPSOS Indonesia, 82% perempuan Indonesia pernah mengalami pelecehan seksual di ruang publik dan persentasi ini lebih tinggi dari rata-rata 8 negara lain yang kami survei. Kemudian yang paling mengkhawatirkan, 91% responden mengatakan mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk membantu korban. Jelas isu ini tidak dapat terus dibiarkan karena berdampak negatif bagi harga diri dan keamanan perempuan di ruang publik.

Image: L’Oréal Paris Indonesia

“Demi mewujudkan misi ini di Indonesia, kami dengan berbahagia menyambut Cinta Laura dalam keluarga L’Oréal Women of Worth. Cinta adalah seorang duta untuk isu pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender dan ikon bagi perempuan Indonesia. Saya percaya diri bersama dengan Cinta, kami akan dapat membangun tidak hanya semangat pemberdayaan, namun juga sains dan kecantikan yang terbaik bagi konsumen Indonesia.” tutup Manashi Guha.

3 Misi Utama Kampanye Stand Up Against Street Harassment

Kampanye Stand Up Against Street Harassment mempunyai tiga misi utama:

  1. Menyadarkan masyarakat mengenai topik pelecehan seksual di ruang publik melalui kerja sama dengan Komnas Perempuan, didukung oleh UNFPA, komunitas, dan media.
  2. Melatih 100.000 masyarakat Indonesia untuk berperan aktif melalui pelatihan metode 5D yang mudah untuk intervensi insiden pelecehan seksual di ruang publik baik secara mandiri di website, dan juga training bersama Hollaback! Jakarta.
  3. Membantu penyediaan pendampingan dan penyediaan ruang aman melalui program Pundi dari Yayasan Sosial Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa).
Baca juga  Pesawat Jatuh di Jalanan Selangor Malaysia, Puluhan Orang Tewas

Melihat hal tersebut L’Oreal Paris Indonesia bekerja sama dengan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Hollaback! Jakarta untuk memfasilitasi pelatihan global intervensi pelecehan seksual di ruang publik Indonesia, melalui program Stand Up.

Targetkan 100.000 Trainers Stand Up Asal Indonesia Pada Akhir Tahun 2021

Maria Adina selaku Brand General Manager L’Oréal Paris Indonesia. menjelaskan program Stand Up di Indonesia mengajak masyarakat termasuk 100% karyawan L’Oréal Paris mulai dari dewan direksi, managaer, staf hingga pegawai kontrak seperti beauty advisor dan trainers. L’Oréal Paris menargetkan untuk melatih 100.000 orang Indonesia pada akhir tahun 2021. Pelatihan melalui modul yang tersedia di situs web www.standup-indonesia.com/training.

“Pelecehan seksual di ruang publik merupakan isu yang mengkhawatirkan di Indonesia. Apalagi karena sampai saat ini belum ada payung hukumnya, sementara pembahasan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual masih tertunda. Namun untuk penanganannya, seluruh pihak termasuk lembaga pemerintahan, aparat hukum, dan masyarakat umum perlu terlebih dahulu memahami bahwa insiden ini bukanlah hal yang sepele. Oleh karena itu, sebagai lembaga negara independen yang bergerak untuk penegakan hak asasi manusia perempuan Indonesia, kami menyambut baik inisiasi kampanye Stand Up Against Street Harrasment dari L’Oréal Paris. Kampanye ini menawarkan solusi bagi masyarakat dalam mencegah dan dengan aman menghentikan tindak pelecehan seksual di ruang publik. Kami tentunya mendukung kampanye ini karena berkesesuaian dengan tujuan dari keberadaan Komnas Perempuan untuk mengembangkan kondisi yang kondusif bagi perempuan Indonesia serta meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan pelecehan perempuan,“ ujar Andy Yentriyani selaku Ketua Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan.

Selanjutnya, Anindya Restuviani, Site Leader dan Co-Director of Hollaback! Jakarta memamparkan Training 5D menjadi solusi praktis dan efektif untuk diimplementasikan baik bagi saksi maupun korban. 5D kepanjangan dari Dialihkan, Dilaporkan, Dokumentasikan, Ditegur, dan Ditenangkan.

“Sejak tahun 2016, Hollaback! Jakarta telah menjalankan tugasnya dalam melawan tindakan diskriminasi terhadap perempuan. Kami sangat mengapresiasi L’Oréal Paris yang telah mendukung misi utama kami dimana bersama-sama kita dapat memberdayakan masyarakat untuk bertindak, bagi dirinya dan orang lain, saat ini dan di masa mendatang,” imbuh Anindya.

Baca juga  Aplikasi Yang Wajib Ada di Ponsel Para Wanita!

Dalam peluncuran kampanye, L’Oréal Paris sekaligus memperkenalkan spokesperson barunya, Cinta Laura yang juga terpilih sebagai Duta Anti-Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. Kampanye Stand Up Against Street Harrasment adalah misi pertama Cinta sebagai bagian dari keluarga L’Oréal Paris Indonesia.

“Dengan memahami harga diri kita sendiri, baik sebagai korban atau saksi, kita semua harus melawan pelecehan seksual di ruang publik. Berapa banyak dari kita yang memilih untuk diam karena tidak tahu cara membantu? Saya percaya setiap individu sangatlah berharga, dan kita berhak untuk merasa aman dan nyaman untuk menjalani hidup kita dan mencapai impian kita. Bersama-sama kita bisa mengakhiri isu ini, dan membuat perempuan Indonesia merasa aman di tempat umum. Itu sebabnya, saya bangga bisa menjadi Spokeperson L’Oréal Paris dan menggunakan suara saya untuk memberikan inspirasi melalui edukasi dan mengajak semua orang mengikuti pelatihan ini, karena saat yang lain diam saja, #WeStandUp!, ”ujar Cinta Laura, Spokesperson L’Oréal Paris.

L’Oréal Paris Donasikan 200 Juta Kepada Yayasan Sosial Indonesia

Penyerahan Donasi Kepada Yayasan Sosial Indonesia untuk Kemanusiaan – Image: Tangkapan Layar Monitor dari Konferensi Virtual “Stand Up Melawan Pelecehan Seksual di Ruang Publik” Senin (8/03).

L’Oréal Paris mendukung program Pundi Perempuan dalam hal penyediaan layanan pendampingan konseling dan penyediaan rumah aman untuk korban diskriminasi terhadap perempuan. Untuk itu, L’Oréal Paris turut memberikan donasi sebesar Rp. 200 juta rupiah kepada perwakilan Yayasan Sosial Indonesia untuk Kemanusiaan, Sugiarto Arif Santoso selaku Direktur Eksekutif Yayasan tersebut.

“L’Oréal Paris telah meluncurkan berbagai inisiatif yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan dalam mendapatkan kembali harga dirinya. Pelecehan seksual di ruang publik adalah masalah nomor satu yang dihadapi oleh perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia yang secara signifikan mempengaruhi kepercayaan diri mereka, sehingga kami bangga untuk melanjutkan misi kami untuk memberikan kepercayaan diri dan kekuatan kepada perempuan Indonesia untuk mengambil tempat yang pantas mereka dapatkan di masyarakat dan berjalan bebas menuju mimpi mereka melalui program Stand Up Against Street Harrasment. Bersama-sama, mari kita jadikan ruang publik yang bebas dari pelecehan seksual. Together #WeStandUp, karena kita semua begitu berharga!” tutup Maria Adina, Brand General Manager L’Oréal Paris Indonesia.

Translate »