Berlomba Perbanyak Ibadah di 10 Malam Terakhir Ramadan

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh rahmat dan penuh ampunan. Pada bulan suci ini, semua hal yang kita lakukan, kita kerjakan akan menjadi pahala yang berlimpah. Itulah mengapa kita sebagai umat muslim harus berlomba-lomba mengumpulkan pahala di bulan Ramadan.

Umat muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, maka akan diampuni dosa yang sudah berlalu, seperti hadist berikut:

“Barang siapa yang puasa Ramadan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah), maka diampuni dosa yang telah lalu,” (HR Bukhari Muslim).

image freepik.com

Selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, perbanyaklah kita dalam menjalankan ibadah. Apalagi ditengah keadaan seperti saat ini, yang mengharuskan kita berada di rumah saja, seharusnya kita mampu menjalankan ibadah yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Tingkatkan kualitas ibadah, salah satu contohnya seperti berusaha untuk menjalankan shalat tepat waktu, tambahkan pula ibadah shalat sunnah yang mungkin jarang dilakukan pada hari-hari biasanya.

Baca juga  Pentingnya Menahan Amarah di Bulan Puasa

Karena sedang #DirumahAja, Anda juga bisa memanfaatkan waktu dengan keluarga untuk shalat berjamaah di rumah. Karena seperti yang kita tahu, shalat berjamaah memiliki banyak pahala dibandingkan dengan shalat sendiri-sendiri.

Selain itu, usahakan untuk selalu membaca Al-Qur’an, niatkan diri untuk mengkhatamkan Al-qur’an di bulan suci ini dengan membuat target one day one juz selama bulan Ramadan. Apalagi di bulan Ramadan, ada terdapat satu malam yang dikatakan lebih baik daripada seribu bulan, yakni malam Lailatul Qadar. Maka perbanyak lah ibadah dan berusaha sungguh-sungguh agar kita sebagai umat muslim memiliki kesempatan untuk merasakan hikmah keajaiban dari malam Lailatul Qadar.

image: freepik.com

Jangan lupa pula untuk bersedekah. Karena bersedekan di bulan Ramadan adalah yang paling utama, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, riwayat Imam At-Tirmidzi yang dikutip dari laman islam.nu.or.id

Baca juga  Bagaimana Hukum Membaca “Shadaqallahul Azhim”, Benarkah Hanya Bid’ah?

عَنْ اَنَسٍ قِيْلَ يَارَسُولَ اللهِ اَيُّ الصَّدَقَةِ اَفْضَلُ؟ قَالَ: صَدَقَةٌ فِى رَمَضَانَ

Artinya, “Dari Anas RA, sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadan,’” (HR At-Tirmidzi).

Kegiatan bersedekah adalah salah satu hal yang mulia, apalagi di bulan Ramadan. Dengan kita bersedekah, kita bisa ikut membantu orang lain yang membutuhkan. Apalagi di tengah keadaan pandemi seperti sekarang, dimana banyak orang yang tentu membutuhkan bantuan dari kita semua.

Sungguh banyak sekali kebaikan serta kewajiban yang perlu ditingkatkan pada bulan Ramadan, jangan lupa untuk terus berkompetisi dalam mencari pahala sebanyak-banyaknya dan terus berusaha memperbaiki diri di bulan yang penuh rahmat ini, agar kedepannya kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. (AA)

Translate »