Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran yang Jarang Diketahui

Mudik Lebaran merupakan tradisi yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang di Indonesia. Namun, meninggalkan rumah untuk mudik juga berarti meninggalkan rumah kosong selama beberapa hari. Untuk itu, penting untuk memastikan bahwa rumah tetap aman dan terjaga selama Anda tidak berada di sana.

Tentu, berikut adalah beberapa tips yang mungkin jarang diketahui orang untuk menjaga rumah saat mudik Lebaran:

  1. Gunakan Lampu Otomatis: Pasang lampu otomatis atau timer untuk menyalakan lampu di rumah Anda secara otomatis pada malam hari. Ini dapat menciptakan kesan bahwa rumah masih dihuni.
  2. Tidak Meninggalkan Pesan di Media Sosial: Hindari mengumumkan secara terbuka di media sosial bahwa Anda sedang tidak berada di rumah. Hal ini dapat mengundang orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencoba melakukan tindakan kriminal.
  3. Minta Bantuan Tetangga: Beritahu tetangga terdekat Anda tentang rencana mudik Anda dan minta mereka untuk memperhatikan rumah Anda. Mereka dapat membantu memantau keamanan rumah Anda selama Anda pergi.
  4. Pasang Sistem Keamanan yang Tidak Terlihat: Pasang sistem keamanan seperti kamera CCTV yang tidak terlihat secara langsung. Ini dapat membuat potensi pencuri berpikir dua kali sebelum mencoba masuk ke rumah Anda.
  5. Perhatikan Taman: Jika memiliki taman, pastikan untuk merawatnya sebelum pergi. Taman yang terawat dapat memberikan kesan bahwa rumah tetap dihuni.
  6. Gunakan Alarm Pintar: Pasang alarm pintar yang terhubung dengan smartphone Anda. Dengan alarm ini, Anda dapat menerima notifikasi langsung jika ada yang mencoba masuk ke rumah.
  7. Periksa Pintu dan Jendela dengan Seksama: Sebelum pergi, pastikan semua pintu dan jendela tertutup rapat dan tidak ada yang rusak atau mudah ditembus.
  8. Gunakan Layanan Keamanan Rumah: Jika memungkinkan, gunakan layanan keamanan rumah yang dapat memantau rumah Anda secara langsung selama Anda sedang tidak berada di sana.
Baca juga  THR Wajib Dibayar Penuh, Ini Kata Menaker

Dengan melakukan langkah-langkah ini, diharapkan rumah Anda tetap aman dan terjaga selama Anda mudik Lebaran.

Translate »