Yuk Ketahui, Ragam Jenis Kurma yang Legit

Kurma adalah buah dari berbagai pohon palem yang harus diserbuki dengan tangan dan diawasi dengan cermat untuk mendapatkan hasil kurma terbaik. Selain menjadi menu pendamping saat berbuka puasa, kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti, mengandung banyak serat dan baik dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Ada banyak ragam jenis kurma yang perlu Scarflover ketahui, yuk simak berikut ini.

1. Kurma Medjool

Image: freepik.com

Kurma medjool adalah salah satu varietas yang paling populer karena rasanya yang lebih manis dari rata-rata dan ukurannya yang lebih besar. Karena sering dijual dalam bentuk kering, kurma medjool lebih lembut dan lengket dibandingkan varietas kurma lainnya, sehingga lebih mudah digunakan dalam resep tertentu. Selain itu, menurut Healthline, kurma medjool mengandung lebih banyak gula daripada kurma tunisia, dan juga mengandung banyak serat, yang menjadikannya sekutu yang sangat baik dalam meningkatkan kesehatan pencernaan.

Baca juga  STOP! Tidur Setelah Sahur, Akan Berdampak Bahaya Kesehatan

2. Kurma Tunisia

Image: freepik.com

Kurma tunisia mungkin adalah jenis kurma yang paling terkenal, karena teksturnya yang padat membuatnya lebih mudah digunakan dalam masakan dibandingkan kurma medjool. Kurma tunisia sangat ideal untuk membuat gula kurma, sirup, atau pasta kue dan juga dapat digunakan dalam kue karena menjaga konsistensinya.

3. Kurma Ajwa

Image: freepik.com

Kurma ajwa memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan kurma medjool atau kurma tunisia, karena warnanya kehitaman dan bulat. Teksturnya padat, dan rasanya mengingatkan pada coklat, amber, dan karamel. Kurma ajwa kaya akan potasium dan serat.

Kurma ajwa lebih kecil dan kurang manis dibandingkan kurma medjool, jadi kurma ajwa mungkin tidak akan memberikan rasa manis sebanyak itu saat digunakan dalam campuran minuman.

Baca juga  6 Cara Selebritas yang Terbukti Secara Ilmiah Tetap Terlihat Awet Muda

4. Kurma Piarom

Image: freepik.com

Kurma Piarom adalah varietas kurma Iran yang dikenal secara internasional sebagai kurma coklat. Karena pohon palem yang menghasilkannya hanya tumbuh di daerah pegunungan, hanya sedikit daerah yang bisa ditanami, menjadikan kurma Piarom salah satu varietas kurma termahal yang pernah Anda temukan. Kurma ini biasanya dipanen pada bulan Oktober hingga November. Kurma piarom berwarna coklat tua, dengan kulit tipis dan rasa coklat.

5. Kurma Mazafati

Image: freepik.com

Kurma Mazafati adalah varietas kurma Iran lainnya. Kurma ini termasuk dalam kategori kurma basah karena memiliki kadar air yang tinggi yang merupakan salah satu indikator kualitas kurma Mazafati. Kurma segar, yang dipanen pada awal September, cenderung mempertahankan tingkat kelembapan tertinggi dan paling mahal.

Translate »