Kenali Manfaat Mandelic Acid, Ampuh Atasi Kulit Jerawat Sensitif

Mandelic Acid adalah jenis Alpha Hydroxy Acid (AHA) eksfoliator yang secara lembut dapat mengangkat kotoran pada kulit Anda. Jenis asam ini menjadi pilihan terbaik untuk kulit sensitif merawat kulit, tetapi juga mencerahkan, menghaluskan, dan membersihkan seluruh warna kulit. Mandelic acid jenis eksfoliator vegan yang berasal dari kacang almond dan dapat kita temui pada jenama skincare, seperti Somethinc, Avoskin, dan For Skin’s Sake.

Mandelic Acid memiliki struktur molekul yang mirip dengan asam glikolat tetapi dengan molekul yang lebih besar menurut Shereene Idriss, M.D., dokter kulit bersertifikat, pendiri Idriss Dermatology di New York City. Ukuran molekul yang lebih besar berarti “menembus kulit lebih lambat dan lembut, sehingga cocok untuk jenis kulit sensitif dan mengurangi risiko iritasi,” ujar Dr. Shahbaz dilansir dari laman Goodhousekeeping.

Manfaat Mandelic Acid

1. Eksfoliasi

Baca juga  Skincare yang Harus Dibawa Saat Penerbangan Jauh

Yang pertama dan terpenting, tentu saja, memberikan kulit cerah dengan eksfoliasi yang minim iritasi. Asam mandelat “membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit, membuat kulit menjadi lebih cerah,” kata Dr. Shahbaz. Ini juga menghaluskan kulit dan memperbaiki warna dan tekstur, catat Blair Murphy-Rose, M.D., FAAD, dokter kulit bersertifikat di Pusat Bedah Laser & Kulit New York dan Instruktur Klinis Dermatologi di Weill Cornell Medical College.

2. Anti-penuaan

Menggunakan exfoliant kimia ini dapat “mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan,” kata Dr. Idriss. Ia melakukannya dengan “merangsang produksi kolagen,” jelas Dr. Shahbaz. Asam mandelat juga dapat mengurangi kulit kusam, tambah Dr. Murphy-Rose.

3. Cegah jerawat

Asam mandelat memiliki sifat antibakteri dan mencegah pori-pori tersumbat, jelas Dr. Murphy-Rose. Hal ini membuatnya efektif dalam merawat kulit yang rentan berjerawat, tambah Dr. Idriss. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa “asam mandelat lebih baik dalam mengobati lesi inflamasi jerawat dan memiliki lebih sedikit efek samping dibandingkan asam salisilat,” kata Wizemann.

Baca juga  Tips Touch Up Makeup Setelah Berwudhu

4. Memudarkan bekas jerawat

Memudarnya bintik hitam dapat dilakukan jika Anda memasukkan exfoliant ini ke dalam rutinitas Anda. Ini “dapat memperbaiki tampilan hiperpigmentasi, termasuk bintik hitam dan warna kulit tidak merata, dengan meningkatkan pergantian sel dan menghambat produksi melanin,” jelas Dr. Shahbaz.

Penggunaan Efektif Mandelic Acid

Scarflover dapat menggunakan serum mandelic acid tiga hingga empat kali dalam seminggu pada malam hari saat Anda tidak menggunakan retinol atau bahan aktif lainnya seperti asam. Penggunakan beberapa bahan aktif pada malam yang sama dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan, pengelupasan kulit dan mengiritasi kulit Anda.

Translate »