Najwa Sihab dan KGPAA Mangkoenagoro X Bahas Penyebaran Budaya Melalui Sosial Media di IMGS 2023

Najwa Sihab dan K.G.P.A.A Mangkoenagoro X berkesempatan menjadi pembicara pada sesi conference dengan tema ‘Fostering Youth Leadership Skill in NavigatingThe Digital Landscape’ dalam Indonesia Millennial and Gen Z Summit (IMGS) yang diselenggarakan pada 24-26 November 2023.

Di awal sesi, K.G.P.A.A Mangkoenagoro X menjelaskan mengenai Kerajaan Solo yang memanfaatkan sosial media untuk memberikan informasi-informasi terbaru terkait kegiatan di kerajaan sekaligus sebagai aset untuk penyebaran budaya. Lebih lanjut, K.G.P.A.A Mangkoenagoro X memaparkan tentang kiat-kiat memimpin di usia muda. “Menjaga komunikasi dan kepercayaan adalah hal terpenting dalam berkolaborasi dengan berbagai pihak. Kita juga perlu saling menghargai dan menghormati serta mengisi agar tercipta sinergi antar generasi karena saya percaya masing-masing generasi memiliki peran tersendiri,” lanjut K.G.P.A.A Mangkoenagoro X.

Baca juga  KH. Maimun Zubair Tutup Usia Di Mekah

Najwa Shihab kemudian melanjutkan pemaparan dengan menyinggung isu terkait ageisme yang mesti dilawan. “Batasan umur mesti kita lawan. Namun konteksnya tidak saja ‘memudakan’ namun juga harus ‘memudahkan’. Dimana orang-orang yang punya kompetensi untuk menjadi bagian dari jajaran pengambil kebijakan harus dimudahkan,” ungkap Najwa.

Najwa juga mengajak anak muda untuk banyak bergaul dan membuka diri akan hal-hal baru agar informasi yang didapatkan tidak hanya dari sumber yang itu itu saja dan bisa menjadi gatekeeper dari derasnya informasi yang diterima. Berkaitan dengan pesta politik Pemilu 2024 yang sebentar lagi akan berlangsung, Najwa berpesan kepada anak muda untuk menggunakan hak pilih mereka secara bijak karena diri masing-masinglah yang mengetahui siapa pemimpin yang baik memimpin di saat ini.

Baca juga  Indonesia Millenial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023, Soroti Peran Penting Anak Muda untuk Indonesia Maju

“Kepada anak muda, saya berpesan agar jangan bawa perasaan (baper) dalam berpolitik. Kamu mungkin tidak percaya dengan pilihan yang ada saat ini karena menurutmu belum ada yang ideal. Tapi minimal percayalah pada kemampuanmu untuk memilih siapa yang terbaik pada posisi itu pada hari itu. Kedua, yakinlah bahwa dibalik perbedaan pilihan politik, kita lebih banyak kesamaannya dibandingkan perbedaannya. Sama-sama sebal kalau menghadapi kemacetan, sama-sama merasakan infrastruktur internet lama, sama senang jika menang war tiket. Jadi, perbedaan politik tidak membuat kita menjadi orang yang berbeda sama sekali,” jelas Najwa menutup sesi yang direspons antusias oleh para pengunjung IMGS 2023.

Translate »