Tips Mempererat Bonding Anak dan Orangtua Menurut Islam

Bonding orang tua dan anak adalah ikatan emosional yang terjalin dengan baik. Bonding sangatlah penting agar anak merasa dirinya aman, nyaman, mendapat dukungan, dan merasa diakui. Salah satu langkah kecil yang dilakukan dalam hal bonding adalah melakukan berbagai aktivitas agar anak merasa dicintai, diperhatikan dan dihargai. Namun, Scarflover pasti penasaran dengan cara bonding anak dan orangtua menurut Islam. Berikut ini, tips mempererat bonding anak dan orang tua menurut Islam.

Menurut surat As-Saffat ayat 102,

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ

Baca juga  Cara Mengatasi Anak yang Lebih Suka Ngemil

Artinya: Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!” Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.”

Hubungan orang tua dengan anak yang tidak dekat secara psikologis dapat memengaruhi tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, orang tua perlu selalu mengajaknya bekerja sama, melatih menumbuhkan kepercayaan diri mereka, keberanian, dan membantu anak menumbuhkan potensi yang mereka miliki.

Ketika orang tua menerapkan prinsip ini dan menjadi teladan yang baik kepada anak-anak, ini bisa menjadikan mereka memiliki jiwa yang toleran, memiliki tenggang rasa, dan harapannya pada akhirnya bisa menumbuhkan generasi penerus umat Islam dan generasi bangsa yang hangat serta toleran. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an:

Baca juga  Camilan Sehat Organik untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

Artinya: Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.

Translate »