Makanan Ini Umumnya Terdengar Menyehatkan, Namun Tidak Kenyataannya

Beredar makanan di supermarket yang menjual kata “sehat” dalam kemasannya. Contohnya saja disematkannya label UPF atau Ultra Processed Food yang artinya makanan tersebut sudah hampir memenuhi seluruh konsumsi pangan kita. Hal ini mengacu pada makanan atau minuman rendah lemak dan rendah gula. Tetapi, tidak menjanjikan makanan atau minuman berlabel UPF benar-benar sehat. Sebaiknya lebih fokus pada bahan-bahan yang terkandung dalam produk, sepeti kadar gula, kadar lemak, dan kadar kalori tersebut. Scarflover perlu mengetahui apa saja diantara produk tersebut, penjelasannya di bawah ini.

Baca juga  Mengenal Lebih Dekat Diet Neutropenik

1. Jus dan Smoothies

Jus dan smoothie supermarket merupakan minuman manis yang berpengaruh langsung terhadap peningkatan risiko kerusakan gigi pada anak-anak, risiko obesitas dan diabetes tipe 2 pada orang dewasa.

2. Protein Bars

Produk-produk ini sering diberi label ‘tinggi protein, dan ‘rendah gula’. Sering kali mengandung lusinan bahan, banyak di antaranya merupakan pemanis buatan yang kita tahu tidak bermanfaat bagi kesehatan usus kita.

3. Sereal Sarapan

Sereal sarapan adalah sumber vitamin D, dibuat dari biji-bijian, berbasis tanaman, dan mengandung zat besi, namun sebagian besar mengandung UPF: tinggi gula atau pemanis, rendah nilai gizi. Hal ini bukan langkah terbaik untuk memulai hari.

Baca juga  Vegan dan Vegetarian Sama atau Beda?

4. Snack Anak

Salah satu tingkat konsumsi UPF tertinggi terjadi pada anak-anak di bawah usia dua tahun. Mereka sering kali diberi makanan ringan dalam kemasan. Hal ini tidak baik jika sering dikonsumsi. Seharusnya hanya diberikan sesekali dan bukan menjadi konsumsi utama untuk anak.

Translate »