4 Pilihan Buah yang Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui

Pernah punya masalah ASI tidak keluar dengan lancar? Atau ASI yang dikeluarkan selalu sedikit? Jangan khawatir, karena hal tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah-buahan secara teratur.

Seperti yang kita ketahui, anak akan menyerap apa yang dimakan oleh ibunya. Maka dari itu, Ibu perlu mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang banyak mengandung nutrisi. Nutrisi yang ada pada buah sangat bermanfaat loh untuk tumbuh kembang anak dan produksi ASI.

Beberapa buah-buahan memiliki peran penting dalam menghasilkan produksi ASI untuk ibu menyusui. Mau tahu ada buah apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1.   Alpukat

image: pixabay

Buah hijau ini rupanya bisa memperlancar ASI untuk ibu menyusui, loh. Buah alpukat berperan penting dalam memberikan nutrisi dalam produksi ASI. Kandungan yang ada di dalam buah ini cukup banyak, ada asam omega-3, asam omega -6, dan asam omega-9. Melalui ketiga kandungan tersebut produksi ASI dapat keluar dengan lancar.

Selain itu, buah alpukat juga kaya akan vitamin c, vitamin e, dan kalium yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Jadi, biasakan makan alpukat saat lagi hamil ya, Scarflover.

Baca juga  Intip Menu! Salad Jeruk dengan Arugula dan Pecan

 

2. Pepaya Hijau

image: pixabay

Meningkatkan produksi ASI bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah pepaya. Tetapi, pepaya yang digunakan berbeda dengan pepaya buah yang biasa dimakan untuk memperlancar  buang air besar. Pepaya satu ini merupakan pepaya hijau yang masih setengah matang dan mengandung 50% kalium lebih tinggi daripada buah jeruk.

For your information, mengkonsumsi kalium saat menyusui dapat memperlancar produksi ASI, loh. Buah pepaya juga berkhasiat untuk merawat kulit, karena mengandung vitamin E yang baik bagi tubuh. Jadi, mulai sekarang coba makan buah pepaya hijau untuk membantu produksi ASI ya!

 

3.       Stroberi

image: pixabay

Nah, buah yang biasa dibuat jus ini juga bermanfaat lho untuk meningkatkan produksi ASI. Pasalnya, kandungan nutrisi yang ada di dalam stroberi sangat penting untuk perkembangan anak.

Baca juga  Stunting Center of Excellence untuk Bantu Turunkan Angka Stunting di NTT

Buah stroberi juga dikenal dengan kandungan airnya yang tinggi. Karena banyaknya kandungan air yang tersimpan dapat meningkatkan produksi air susu yang dimiliki. Jadi, buah stroberi bagus sekali dikonsumsi untuk ibu menyusui.

Beberapa kandungan vitamin yang terdapat dalam stroberi  diantaranya ada vitamin c, potasium, dan magnesium. Wah, lengkap ya! Kecil-kecil banyak manfaat nih stroberi.

4. Pisang

image: pixabay

Selain untuk diet, ternyata pisang juga bisa membantu meningkatkan produksi ASI, loh. Buah pisang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui. Tidak hanya itu saja, di dalam buah pisang juga terdapat kalium yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan air susu ibu. Banyak juga ya manfaat dari buah pisang, jadi makin tahu deh.

Nah, itu lah beberapa buah yang baik dikonsumsi ibu menyusui untuk meningkatkan produksi asi. Apakah Scarflover sudah rutin mengkonsumsi buah-buahan di atas? Kalau belum, mari mulai konsumsi buah agar tubuh tetap sehat dan terawat.

(IN)

Translate »