Kenali Cara Mengatasi Speech Delay pada Anak

Kenali Cara Mengatasi Speech Delay pada Anak

Gangguan bicara pada anak atau speech delay ditemukan pada waktu perkembangan anak saat mulai memasuki tahap bicara. Seorang anak dapat mengalami speech delay saat teman sebaya mereka berbicara dengan menggunakan kata-kata, sedangkan anak-anak si anak terus meggunakan isyarat dan gaya bicara bayi maka anak yang demikian dianggap orang lain terlalu muda untuk diajak bermain. Mereka juga sering kali memahami perkataan seseorang, tetapi sangat sulit mengucapkan dan mengeluarkan kata-kata.

Anak yang megalami speech delay bisa diakibatkan oleh salah satu organ tersebut mengalami gangguan sehingga menyebabkan proses bicara terganggu. Beberapa ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi speech delay pada anak.

Baca juga  Inilah Rekomendasi Gadget yang Cocok Untuk Anak Anda!

1. Lakukan Diskusi Sederhana dengan Si Kecil

Rajin mengajak anak untuk melakukan diskusi sederhana menjadi salah satu yang cukup efektif untuk mengatasi keterlambatan bicara pada anak. Sering mengajak anak berdiskusi, misalnya membahas kartun kesukaan, buku favorit, atau cerita seru bersama dengan teman sekolah.

2 Belajar Bernyanyi Bersama

Menyanyi bersama dapat menambah kosakata agar lacar berbiara. Lakukan nyanyian dengan memberi sedikit gerakan tarian agar menarik dan disukai anak-anak.

3. Membacakan Buku Cerita atau Mendongengkan Anak

Membacakan buku cerita dengan gambar yang menarik merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi speech delay pada anak. Selain bisa menambah kosakata juga dapat meningkatkan imajinasi, dan daya ingat pada anak saat tumbuh kembang.

Baca juga  Cara Menyimpan ASI Dengan Baik

4. Intropeksi Diri

Melakukan intropeksi diri merupakan sesuatu yang dianjurkan dalam Islam. Selaku orang tua apa yang kita lakukan bisa saja berdampak pada perkembangan anak. Oleh karena itu, dilakukannya intropeksi diri agar mengetahui kesalahan yang mungkin terlewatkan dan belum sempat kita perbaiki. Semoga dengan intropeksi diri kedepannya akan membawa perubahan dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi untuk orang tua dan tumbuh kembang anak.

Translate »