Indonesian Fashion Preneur Cetak Pengusaha Mode Muda Berkualitas Dunia

Siap melahirkan pengusaha mode muda Indonesia berkelas dunia.

Indonesia Fashion Preneur Competition (IFPC) jadi salah satu bagian penting penyelenggaraan Ramadhan Runway 2023. Program pencarian young entrepreneur Indonesia di bidang fashion ini diharapkan mendorong lahirnya pengusaha mode muda Indonesia berkualitas dunia.

Berdasarkan data Global Entrepreneurship Index (GEI) 2019, Indonesia menempati ranking ke-75 dari 137 negara dalam hal indeks kewirausahaan. Di tingkat regional (ASEAN), Indonesia menempati peringkat ke-6, setelah Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, dan Vietnam. Indeks ini mencerminkan parameter dari kesehatan iklim wirausaha di sebuah negara. Hal ini menjadi tantangan Indonesia untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan agar mampu bersaing di tingkat Global salah satunya pada industri mode.

Floery Dwi Mustika selaku Ketua Bidang Pengembangan Program IFPC sekaligus Founder & CEO Sparks Fashion Academy (SFA) menjelaskan bahwa IFPC adalah program lomba yang ditujukan bagi pengusaha di bidang fashion berkembang lebih pesat karier dan bisnisnya.

Baca juga  Ingin Kaki Lebih Jenjang? Pilih Flare Pants
Image: Dok.Redaksi

“Ini menjadi starting bagi finalis masuk ke dalam tahap berkelanjutan yakni fashion preneur inkubator,” ungkap Floery dalam keterangan resminya, Jumat (28/4/2023).

Program inkubator itu akan membuat peserta siap ‘into’ market global menjadi The Next
Indonesia Emerging Brand. Lebih lanjut, hadirnya IFPC dalam rangkaian Ramadhan Runway merupakan bagian dari kerja sama yang sudah terjalin 4 tahun lamanya. Sparks Fashion Academy sebagai salah satu konseptor dan kolaborator menilai acara tersebut momentum penting untuk mencari pengusaha fashion yang siap ‘go international’.

“IFPC menawarkan konsep program lomba yang berbeda dengan berkolaborasi bersama Ary
Arka sebagai konsepter event Ramadan Runway, dan tentunya beserta dukungan ketua
Ramadan Runway Dana Duriyatna dan team Ramadhan Runway lainnya yakni Leny Rafael,
Erdan Pino dan Kunce Manduapessy. Konsep tersebut diharapkan bisa mengembangkan IFPC ke depannya,” jelas Floery.

Baca juga  Adaptasi Gaya Baru, Jakarta Fashion Week 2021 Disiarkan Secara Streaming

Tercatat ada 60 peserta mendaftar IFPC 2023 dengan latar belakang bisnis owner di bidang
fashion setidaknya 1 tahun menjalani bisnis mode, dan finalist akan berkesempatan
mendapatkan project kolaborasi bersama perusahaan-perusahaan yang menjadi mitra IFPC.
Salah satunya adalah Charisma sebagai perusahaan pusat garmen dan assesories terbesar di
Indonesia.

Soal hadiah, pemenang IFPC 2023 akan mendapat total uang cash senilai Rp30 juta dan modal
bisnis senilai Rp600 juta berupa program inkubator, kolaborasi project dengan partners IFPC,
hingga fasilitas penjualan di bazaar, store, pop up store, maupun e-commerce.

Translate »