Keutamaan Membaca Surah Al Fath di Malam Pertama Ramadan

Amalan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW di awal bulan Ramadan

Membaca Surah Al Fath di malam pertama Ramadhan adalah salah satu amalam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Keutamaan dalam membaca Surah Al Fath adalah salah satunya diampuni dosa-dosanya. Sebagian besar ayat dalam Surah ini menerangkan hal-hal yang berhubungan dengan kemenangan yang dicapai Nabi Muhammad SAW dalam peperangan.

Dalam salah satu dakwah Ustadzah Halimah Alaydrus yang mengajurkan umat muslim untuk membaca Surah Al Fath di malam pertama Ramadan. “Jangan lupa membaca Surah Al Fath di malam pertama Ramadan, jangan lupa baca Surah ini. Ini amalan yang dilakukan Rasulullah, tiap datang malam pertama, beliau buka malam pertamanya dengan Surah Al Fath. Bagusnya dibaca saat sholat ba’diah maghrib, atau sholat qobliyah Isya,” jelas Ustadzah Halimah Alaydrus.

Baca juga  Perlu Diketahui, Ini 5 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Syawal

Beberapa, keutamaan yang di dapat saat membaca Surah Al Fath, diataranya:

1. Dibukakan Pintu Rahmat dari Allah SWT

Surah Al Fath mengandung doa di dalamnya untuk memohon rahmat dan berkah dari Allah SWT. Sehinga muslim yang membaca ini dibukakan pintu rahmat oleh Allah SWT.

Baca juga  Hukum Telat Membayar Utang Puasa di Bulan Ramadhan

2. Diberi Kelapangan Rezeki

Apabila Surah Al Fath dibaca pada tiga malam permulaan bulan Ramadan maka pembacanya akan diberi kelapangan rezeki dalam masa setahun kemudian.

3. Terjaga dari Berbagai Penyakit

Bagi yang membaca Surah Al Fath di permulaan awal Ramadan dapat terjaga dari penyakit selama setahun kemudian.

4. Memiliki Pahala Setara dengan Berperang Syahid

Menurut Hadits Riwayat Imam Sa’labi, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa membaca Surah Al Fath sama dengan pahalanya berperang syahid bersama Rasulullah semasa Fathu Makkah.

Translate »