5 Hari Perhelatan Indonesia Fashion Week, Sukses Angkat Nilai Sulam Karawo

Perhelatan yang meng-highlight Sulam Karawo khas Gorontalo.

Pekan mode terbesar Indonesia Fashion Week (IDFW) 2023 telah sukses diselenggarakan selama lima hari dari tanggal 22-26 Februari 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Dengan mengusung tema Sagara Dari Laut, selama perhelatan berlangsung sukses angkat nilai Sulam Karawo khas Provinsi Gorontalo.

Image: Dok.Redaksi

Pada penutupan IDFW 2023, Poppy Dharsono selaku Ketua Umum Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) mengatakan bahwa IDFW 2023 ini sebuah platform untuk promosi, branding, dan edukasi mengenai budaya di setiap daerah provinsi. “Pada tahun ke-10 IDFW 2023 digelar menjadi platform untuk promosi, branding, dan edukasi serta marketing dengan bekerja sama dengan desainer dan pemerintah (Dewan Kreasi Nasional Daerah) Dekranasda untuk mempromosi daerah provinsi-nya masing-masing. Kami sangat senang melihat antusiasme tinggi tidak hanya dari para pencinta fashion, namun juga dari ekosistem pendukung industri ini. Baik dari para desainer, pemilik usaha, pengrajin, pemerintah daerah, pemerintah pusat, media, dan pengunjung. Hal ini begitu terasa ketika pelaksanaan opening dan closing ceremony sebab begitu banyak pihak hadir dan mendukung pagelaran IDFW 2023,” jelasnya dalam show penutup bertajuk Enchanting Karawo.

Baca juga  Padukan Desain Fresh dan Elegan, Mayra Pamerkan Kain Tenun NTT di IDFW 2023
Image: Dok.Redaksi

Di gelaran IDFW 2023, Poppy Dharsono merasa bangga karena penyelenggaraan tahun ini meski belum sepenuhnya kembali normal sudah ada peningkatan signifikan, terlihat dari kenaikan jumlah pengunjung sebanyak 25 persen dan total transaksi selama lima hari sebesar 40 milyar.

Baca juga  Mengenang Karya Bali Asmara dalam Gelaran Jakarta Fashion Week 2021
Image: Dok.Redaksi

Pada pagelaran show Enchanting Karawo menampilkan Karawo karya desainer kenamaan Tanah Air, di antaranya Poppy Dharsono, Naniek Rachmat, Ai Syarif 1965, ENIJOE INDONESIA, Wignyo, dan pemenang Indonesia Young Fashion Designers Competition (IYFDC) 2023 Tethuna dari Gorontalo.

Lewat eksplorasi Sulam Karawo, keenam perancang berharap tiap koleksinya dapat  menginspirasi desainer-desainer muda, baik di Gorontalo maupun di Jakarta untuk dapat lebih mengembangkan kreativitas mereka dalam berkreasi menggunakan kain khas Gorontalo dengan desain sesuai tren fashion terkini dan teknik terbaik agar produknya dapat memiliki nilai pasar maksimal.

Translate »