Sabar dan Saling Menolong Saat Ditimpa Musibah

Belakangan ini banyak berita bencana alam yang melanda tanah air. Dari gempa, banjir bandang, tanah longsor dan gunung berapi yang kembali erupsi.

Melihat situasi ini, sudah sepatutnya kita mengulurkan bantuan kepada saudara-saudara kita, baik berupa tenaga maupun harta benda.

Walaupun kita tidak saling mengenal, namun pada hakikatnya kita semua adalah saudara, saudara dalam agama, saudara dalam bernegara, juga saudara dalam kemanusiaan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

“Orang mukmin terhadap mukmin lainnya bagaikan satu bangunan, satu sama lainnya saling kuat-menguatkan.” (HR. Muslim, 2585).

Selain memberikan bantuan berupa tenaga dan harta, kita juga perlu berdoa untuk saudara-saudara kita agar diberikan kekuatan dan kesabaran terhadap musibah yang menimpa mereka.

Baca juga  Meneladani Sikap Tawadhu Nabi Muhammad SAW

Menyadur dari NU Online, sifat sabar sangat penting eksistensinya dalam diri seorang mukmin. Tanpa rasa sabar, seseorang yang tertimpa musibah tidak akan segan-segan mengutuk atau menyalahkan takdir Allah yang telah ditetapkan, kendati rasa kehilangan yang menusuk dalam hati hingga menimbulkan kesedihan yang mendalam adalah manusiawi.

Pasalnya apabila seorang hamba sudah benar-benar ikhlas dan rida terhadap segala ketentuan yang telah ditakdirkan oleh Allah, maka baik dan buruknya akan diterima dengan kesabaran dan kesadaran bahwa semua yang menimpanya merupakan suratan takdir.

Hal ini pernah disampaikan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu kelelahan, atau penyakit, atau kekhawatiran, atau kesedihan, atau gangguan, bahkan duri yang melukainya melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya karenanya” ((HR. Al-Bukhari no. 5642 dan Muslim no. 2573)

Baca juga  Paylater dalam Pandangan Islam

Meskipun Allah subhanahu wa ta’ala memberikan cobaan kepada kita, Allah tidak akan memberatkan kita dengan ujian yang melampaui batas kemampuan kita.

Hal tersebut Allah sebut dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 286:

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”

Dari ayat tersebut, yakinlah bahwa ujian berupa musibah yang menimpa seorang mukmin tidak akan melewati kesanggupannya. Tetaplah menjadi pribadi yang bijaksana meski ujian terasa berat, ingat selalu bahwa Allah bersama kita dalam keadaan apa pun.

Translate »