Jelang Akhir Tahun, Ini Dia Prediksi Wilayah yang Bakal Ramai Pelancong

Dalam hitungan sebulan kita akan memasuki akhir tahun 2022 yang biasanya menjadi momen liburan bersama keluarga. 

Nah, Scarf Lover apakah sudah memiliki rencana berlibur? 

Jika belum ada baiknya untuk mengatur budget, mencari destinasi yang tepat seperti melihat trafiknya apakah padat atau tidak.

“Kami melihat antusiasme traveling jelang akhir tahun 2022 relatif baik. Oleh karena itu, travelers perlu merencanakan perjalanan akhir tahun mereka lebih awal agar bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau dan hemat biaya,” ungkap Vice President of Commercial and Marketing Pegipegi Ryan Kartawidjaja mengatakan dalam siaran resmi, Senin (21/11/2022), dikutip dari Antara News.

Berdasarkan data Pegipegi terhadap median harga hotel di 19 wilayah populer Indonesia, Pegipegi mencatat rata-rata kenaikan harga hotel saat high season 15 persen cenderung lebih mahal dibandingkan periode low season. 

Baca juga  Gunung Ciremai, Gunung Tertinggi di Jawa Barat Yang Memikat Hati

Yogyakarta mengalami kenaikan harga signifikan di semua kategori bintang hotel saat high season, yakni sebesar 36 persen. Sementara itu, Jakarta menjadi wilayah populer yang mengalami kenaikan harga terendah di semua kategori bintang hotel dengan peningkatan sebesar 9 persen.

Untuk tiket transportasi, seperti pesawat untuk liburan akhir tahun, diprediksi bakal meningkat sekitar 10 hingga 20 persen. 

Tren kenaikan harga tiket pesawat berlangsung mulai akhir November dan kenaikan diprediksi bertahan hingga akhir tahun 2022. 

Baca juga  MasyaAllah, Gunung Megah Ini Berwarna Pelangi

Pelancong yang memesan lebih cepat bisa menghemat budget 15-35 persen untuk akomodasi dan 10-20 persen untuk transportasi. 

Adapun 10 kota dengan transaksi akomodasi terbesar adalah Malang, Bandung, Yogyakarta, Jakarta, Bali, Semarang, Surabaya, Bogor, Solo dan Banjarmasin. 

Sementara itu, pelancong yang menggunakan pesawat diprediksi menuju ke Jakarta, Medan, Surabaya, Makassar, Bali, Batam, Pekanbaru, Yogyakarta, dan Palembang. 

Sedangkan, kereta api, bus dan travel untuk liburan akhir tahun diperkirakan bepergian  ke Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bekasi, Tangerang, Malang, Bogor, Solo, Purwokerto, Surakarta dan Tegal. 

Sementara itu, prediksi destinasi luar negeri adalah Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Jepang, dan Australia.

Translate »