Desainer Wignyo Perkenalkan Batik Ramah Lingkungan di Ajang MUFFEST+ 2022

Batik merupakan perpaduan antara seni dan teknologi yang terus berkembang, baik dari segi desain motif maupun prosesnya. Motif atau corak batik terinspirasi dari ragam hias adati mengandung  beragam makna dan filosofi yang dikembangkan dengan sentuhan tren terkini.

Salah satunya batik Ciwaringin yang memiliki ciri khas batik ramah lingkungan dengan pewarnaan alam. Batik ini menerapkan konsep sustainable fashion dengan menggunakan pewarna alami yang berasal dari hewan atau tumbuhan seperti akar, kulit, kayu, daun, bunga, dan buah.

Dengan menggaungkan konsep ramah lingkungan, sehingga dinilai berpotensi sebagai komoditas unggulan produk Indonesia untuk memasuki pasar global dengan daya tarik dari karakteristik unik dan ekslusif.

Baca juga  Highlight Perjalanan Kami di Panggung Fashion Show Paris dan London dalam Film Dokumenter

Lebih lanjut, batik Ciwaringin memiliki piilhan warna cenderung soft dan tidak mencolok, seperti indigo atau nila, hijau, army, kuning kehijauan, dan cokelat.

Dalam rangka penyelerasan industri untuk memperluas pemasaran produk fesyen muslim Indonesia ke tingkat global dan menjadi trendsetter fesyen muslim dunia, serta mendukung program gerakan nasional Bangga Pakai Produk Lokal, memantik Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Cirebon mendukung desainer Wignyo Rahadi untuk menampilkan koleksi modest wear dalam perhelatan Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022 yang diselenggarakan pada 22 April 2022 di Grand Ballroom The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Desainer Wignyo mengangkat wastra batik Ciwaringin dengan tema “Geolasem” sebagai bentuk  representasi dari ciri khas motif batik Ciwaringin yang didominasi motif geometris dan juga flora (bunga) gaya Laseman. Selain itu, dikombinasikan pula dengan material tenun ATBM, ragam corak batik Ciwaringin tetap menjadi pusat perhatian dari koleksi ini.

Baca juga  Cotton In Lace Rilis Koleksi Sambut Idul Adha 1445H

Koleksi karya Wignyo itu ditampilkan dalam konsep two piece dengan gaya kasual, terdiri dari blus lengan panjang, crop top, celana panjang highwaist, kulot, rok panjang, dan celana panjang basic. Dengan ditambahkan teknik lilit pada bagian rok dipadukan aksen obi pada bagian pinggang guna mempertegas siluet serta menampilkan kesan modis dan kekinian.

Translate »