Hore, Ada 4 Tempat Wisata Baru di Banyumas Jawa Tengah!

Yuk, sempatkan mampir!

1,357

Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dilalui jalan negara yang menghubungkan antar kota dari Jakarta hingga Surabaya. Sebab itu, banyak orang yang menyempatkan diri untuk beristirahat sejenak di tengah-tengah perjalanan menuju kabupaten/kota lainnya.

Beragam destinasi alam indah tersedia di Banyumas seperti Kebun Bunga Matahari Rempoah, tempat wisata untuk melihat beberapa jenis bunga matahari dan bunga marigold. Pancuran Pitu atau tujuh pancuran air panas bersumber dari Gunung Slamet juga merupakan rekomendasi tempat wisata alam menajubkan di kawasan ini.

Image : jogjajateng (Instagram)

Sebagai destinasi favorit di Banyumas, terdapat pula Telaga Sunyi, tempat yang tepat untuk merelaksasi pikiran dari aktivitas sehari-hari.

Baru-baru ini, sebanyak empat tempat wisata baru di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah akan dibuka pada periode libur lebaran 2022.

Empat tempat wisata baru tersebut adalah Menara Pandang Indraprana Baturraden, Taman Apung Mas Kemambang Purwokerto, Menara Pandang Purwokerto, dan Madhang Maning Park Purwokerto.

Tempat wisata tersebut akan dibuka pada hari kedua lebaran 2022, serta diadakan pula festival lampu di tempat yang sama.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Banyumas, Asis Kusumandani mengatakan, Taman Apung Mas Kemambang Purwokerto dahulu dikenal sebagai Taman Bale Kemambang.

Image : lovepurwokerto (Instagram)

Asis menambahkan, Menara Pandang Purwokerto dan Madhang Maning Park terletak di satu kompleks di Jalan Bung Karno, Kawasan Kota Baru Purwokerto, yang menjadi jalan tembus antara Jalan Jenderal Soedirman dan Jalan Gerilya.

Sementara itu, Madhang Maning Park merupakan tempat menikmati aneka hidangan khas Banyumas.

“Keempat destinasi wisata baru tersebut dikelola oleh Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pariwisata. Lokawisata Baturraden yang selama ini menjadi andalan Banyumas juga akan dikelola oleh BLUD Pariwisata,” kata Asis, dilansir dari Kompas.com.

Asis berharap agar strategi pemasaran dan pengelolaan tempat wisata di Banyumas akan lebih maksimal berkat adanya BLUD Pariwisata, yang bermanfaat untuk pemulihan ekonomi.

Selain itu, Asis mengimbau agar pengelola tempat wisata tetap menerapkan protokol kesehatan jelang memasuki libur lebaran 2022.