Jakarta Fashion Week 2022 Usung Sustainable Fashion

Jakarta Fashion Week 2022 yang hadir virtual selama empat hari, dari tanggal 25-28 November 2021, akan menampilkan koleksi dari 75 desainer dan label dalam 16 show dan menghadirkan 760 looks. Dari deretan show tersebut, ada benang
merah yang menyatukan semuanya, yaitu sustainability (keberlanjutan).

image: JFW

Begitu banyak desainer di Jakarta Fashion Week 2022 yang menerapkan fashion berkelanjutan dalam versi masing-masing.
Seperti  Major Minor dan Byo yang menerapkan fashion berkelanjutan dengan lebih meminimalisasikan limbah. Lain halnya Rinda Salmun yang menggunakan benang dari limbah pakaian untuk digubahnya menjadi busana baru.

“Keberlanjutan ini memang penting untuk diangkat sebagai pengingat kepada para desainer bahwa kita harus selalu friendly terhadap Bumi. Fashion sustainability sebenarnya pun tidak melulu hanya dilihat dari penggunaan material yang ramah lingkungan, namun juga dari segala sisi,” ungkap Svida Alisjahbana, Ketua Umum JFW dan Direktur Utama GCM Group.

Baca juga  Dewi Fashion Knights 2019 Akan Menghadirkan Empat Kesatria Mode

Nurzahra dan Kami. mewakili para desainer di JFW 2022 yang mengusung konsep keberlanjutan. “Indonesia menghasilkan limbah yang cukup besar. Dari sini Nurzahra mengusung konsep yang ramah lingkungan. Karena itu kami memanfaatkan bahan yang ada untuk diolah kembali. Kami juga mengeksplorasi kain bamboo jersey dan plastik daur ulang untuk koleksi terbaru kami,” jelas Dhira Ragasanmata, Creative Director Nurzahra, dan Windri Widiesta Dhari, Founder Nurzahra.

“Kami banyak mengeksplorasi tentang kemungkinan apa saja yang bisa kami lakukan untuk mendukung konsep keberlanjutan ini. Sejak dua tahun lalu kami sudah mulai mengurangi (kemasan) plastik dan menggunakan plant-based bag yang terbuat dari olahan singkong. Kami juga mengoptimalisasikan sisa kain, dan efisiensi pola. Bahkan, pabrik pemasok bahan-bahan kami sudah tersertifikasi untuk mengolah limbahnya,” Founder Kami. Istafiana Candarini, Nadya Karina, Afina Candarini, menerangkan.

Baca juga  Manis, Setiap Detail Koleksi Kamiidea Untuk Fashion Link JFW 2022

Tahun ini, fashion students dari LaSalle College Jakarta dan Islamic Fashion Institute berpartisipasi menampilkan koleksi terbaru mereka. “Tanpa fashion school, fashion Indonesia akan jauh lebih lambat kemajuannya. Kami bangga sekali bahwa LaSalle College dan Islamic Fashion Institute bisa berpartisipasi karena dua sekolah ini mewakili dua karakterisitik gaya yang berbeda, yaitu ready-to-wear dan modest wear.

(HV)

Translate »