Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan Mental Di Tempat Kerja

82

Kesedihan, kecemasan, kehilangan motivasi, kesulitan berkonsentrasi, tangisan yang tidak dapat dijelaskan, dan kebosanan hanyalah contoh kecil dari hal-hal yang dapat Anda rasakan jika Anda mengalami gejala depresi saat bekerja.

Sekitar 17 juta pekerja merasakan gejala depresi tersebut setiap tahunnya. Dengan banyaknya pekerja yang merasakan depresi ketika bekerja, artikel ini menginformasikan bagaimana cara mengatasi gejala-gejala tersebut ketika menyerang Anda.

image: unsplash

Setiap pekerjaan memungkinkan untuk memberikan tekanan kepada kesehatan mental Anda. Hal itu diperburuk dengan lingkungan yang tidak sehat di lingkungan Anda.

Berdasarkan World Health Organization (WHO), sebuah lingkungan kerja yang negatif dapat menyebabkan pekerja mengalami:

  • masalah kesehatan mental dan fisik
  • merasa tidak nyaman ketika bekerja
  • kehilangan produktivitas
  • peningkatan penggunaan zat yang berbahaya bagi kesehatan

 

Mental Health America menyatakan bahwa depresi merupakan masalah ketiga teratas yang dihadapi oleh para pekerja profesional.

 

Apa faktor umum yang dapat menyebabkan depresi saat bekerja?

Depresi saat bekerja biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Adanya ketidakseimbangan antara usaha dengan imbalan yang diterima
  • Obrolan tidak sehat atau gosip di tempat kerja
  • Adanya intimidasi di tempat kerja
  • Adanya tuntutan tinggi dalam suatu pekerjaan
  • Beban kerja yang berlebihan

Seseorang yang merasa tidak cocok dengan pekerjaannya akan menimbulkan tekanan emosional dan fisik yang tinggi, sehingga menimbulkan kelelahan.

Selain itu, waktu kerja yang berlebihan seperti 10-12 jam dapat mengganggu rutinitas dan mengganggu pola tidur yang dapat menjadi penyebab timbulnya gangguan kesehatan mental

 

Apa yang harus dilakukan ketika Anda mengalami gejala depresi saat bekerja?

Mengontrol gejala depresi ataupun emosi saat bekerja merupakan suatu tantangan yang sulit. Namun, Anda dapat melakukan beberapa hal ketika merasa tertekan, seperti :

  • Beristirahat 10 menit dan memaksimalkan kualitas istirahat tersebut saat bekerja.
  • Mengonsumsi makanan atau minuman yang Anda sukai
  • Melakukan meditasi beberapa menit
  • Melakukan kegiatan yang Anda sukai seperti menonton video, membaca, ataupun mendengarkan musik

(HV)